• Senin, 23 Mei 2022

Melawan Omicron, Booster Vaksin Moderna Dinilai Efektif, Begini Penjelasannya

- Selasa, 21 Desember 2021 | 10:14 WIB
 Petugas menunjukkan botol vaksin COVID-19 Moderna saat acara vaksinasi merdeka di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (5/11/2021). ( ANTARA FOTO/Rahmad)
Petugas menunjukkan botol vaksin COVID-19 Moderna saat acara vaksinasi merdeka di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (5/11/2021). ( ANTARA FOTO/Rahmad)

 

JAKARTA,harianmerapi.com - Seorang dokter dari Johns Hopkins Center for Health Security, Dr. Amesh Adalja mengatakan, untuk menghindari Omicron, cara yang terbaik adalah melakukan vaksinasi secara penuh.


Disebutkan, sebuah studi oleh para peneliti Oregon menunjukkan, orang yang divaksinasi penuh memiliki kekebalan super. Tetapi, peneliti memperingatkan meski sudah divaksinasi, orang tetap tidak boleh dengan sengaja "mencari" infeksi Covid-19.

 

Seperti dikutip dari USA Today, Selasa (21/12/2021), data untuk vaksin Covid-19 Moderna memperlihatkan, dosis tambahan sebagai penguat alias booster akan efektif melawan Omicron.

Baca Juga: UKDW Yogyakarta Gelar 'Campus Goes Gowes Monalisa' untuk Gali Potensi Kampung Wisata Lewat Jalur Sepeda

Pihak Moderna mengatakan studi laboratorium darah menunjukkan, 20 orang yang menerima 50 mikrogram booster Moderna memiliki 37 kali jumlah antibodi penetralisir dibandingkan dengan darah orang yang hanya menerima dua suntikan.

Moderna telah mengurangi dosis booster menjadi setengah dosis dari dua suntikan untuk membatasi efek samping seperti demam, nyeri otot dan kelelahan.

Sebuah kelompok yang menerima suntikan ketiga dari dosis 100 mikrogram mengalami lompatan 83 kali lipat dalam menetralkan antibodi terhadap Omicron.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X