• Sabtu, 29 Januari 2022

Bunga Soka Bisa Dijadikan Obat Alami, Berikut Ini Beberapa Khasiatnya

- Selasa, 7 Desember 2021 | 10:00 WIB
Bagian bunga dan daun tanaman soka bisa dijadikan obat alami. (Foto: Sulistyanto)
Bagian bunga dan daun tanaman soka bisa dijadikan obat alami. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com – Sebagian jenis tanaman hias mempunyai karakter khas, bahkan tampilannya bunganya cukup menawan. Selain itu bagian bunganya ada yang dapat dijadikan sebagai obat alami, sehingga layak pula dikelompokkan sebagai tanaman berkhasiat obat.

Salah satunya, yaitu tanaman bunga soka. Selain bagian bunganya, tanaman soka juga diyakini ada khasiat kesehatannya pada daun serta tangkainya.

Sejumlah sumber menyebutkan, bunga soka dapat dijadikan sebagai musuh hipertensi atau tekanan darah tinggi, yakni dengan memanfaatkan 17 gram bunga soka.

Baca Juga: Jika Anak Susah Disuruh Makan Sayur, Kiat ini Bisa Dicoba Para Orang Tua

Resep sederhananya, yaitu bahan tersebut dicuci bersih menggunakan air mengalir. Selanjutnya direbus dengan tiga gelas air bersih.

Setelah airnya tersisa satu gelas, lalu diangkat. Selain itu masih disaring dan hasilnya diminum sekaligus, satu kali dalam sehari.

Selain itu bagian bunga soka baik yang berwarna putih, merah menyala, kuning, jingga dan merah muda bisa dijadikan musuh serangan disentri.

Baca Juga: Cerita Misteri Si Makhluk Cantik Bernama Soraya yang Jadi Penunggu Rumah Kuna

Caranya, bunga soka dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu dicampur dengan air hangat dan rutin dikonsumsi sampai gangguan kesehatan tersebut bisa sembuh.

Lain halnya untuk pemakaian luar, antara lain bisa membantu meredam luka terpukul, ngilu-ngilu dan koreng.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X