• Sabtu, 29 Januari 2022

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

- Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
Bedah Buku Comprehensive Biomedical Science: Sistem Gastrointestinal Hepatobilier, Pankreas, Kamis (18/11/2021).  (Dok Humas UGM)
Bedah Buku Comprehensive Biomedical Science: Sistem Gastrointestinal Hepatobilier, Pankreas, Kamis (18/11/2021). (Dok Humas UGM)

JOGJA, harianmerapi.com - Anda sering mengalami sakit di ulu hati, mual dan nyeri di perut yang disebabkan oleh asam lambung? Sebaiknya segera periksa ke dokter.

Sebab kenaikan asam lambung yang berlebihan dipicu oleh banyak faktor di antaranya faktor stres, pola makan yang tidak teratur dan kondisi dinding lambung yang mengalami kerusakan.

Namun demikian keberadaan asam lambung tetap diperlukan oleh tubuh untuk memulai proses pencernaan serta membunuh bakteri patogen yang masuk ke lambung.

Baca Juga: Jika Asam Lambung Naik, Dokter Sarankan Ubah Posisi Tidur Seperti Ini

Dr. dr. Neneng Ratnasari, SpPD., praktisi dari dokter spesialis penyakit dalam RSUP Sardjito, mengatakan penyakit asam lambung erat kaitannya dengan kondisi stres dan kecemasan. Tidak semua dipicu oleh faktor makanan atau gangguan pada lambung.

“Semua harus ada pemeriksaan penunjang. Sebagai dokter, kami harus menganamnesis dan harus ada pembuktian,” kata Neneng dalam Bedah Buku Comprehensive Biomedical Science: Sistem Gastrointestinal Hepatobilier, Pankreas, Kamis (18/11/2021).

Neneng menyebutkan, ia sering menjumpai pasien dengan kondisi anatomis lambung yang cukup baik namun sering mengalami kenaikan jumlah asam lambung berlebihan yang disebabkan oleh tingkat kecemasan yang tinggi.

“Banyak diderita oleh pasien kita,” katanya.

Baca Juga: Stres Selama Pandemi, Waktunya Berwisata Mindfulness

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X