Sembuhkan Rematik, Anemia dan Mata Kering

DAUN seledri adalah jenis sayuran rendah kalori yang dapat dijadikan sebagai bahan pelengkap menu masakan misalnya sayur sup. Selain itu, seledri juga dapat dijadikan bahan dasar pembuatan obat herbal yang ajaib bagi penyembuhan beberapa penyakit termasuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

Cara mengkonsumsi daun seledri dapat diolah dengan cara direbus daun seledri lalu ditambahkan air jeruk nipis atau lemon untuk diminum setiap hari. Cara pengonsumsian daun seledri seperti ini mampu bertindak sebagai antioksidan yang aktif karena di dalam seledri terdapat senyawa flavonoid yang mencakup zat xanthin, betakaroten, dan zat lutein yang bekerja sebagai antibiotik alami yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dengan cepat dan mempercepat penyembuhan luka dan demam seseorang.

Untuk mencukupi asupan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K sekaligus dalam satu hari, dapat diberikan daun seledri pada menu masakan rumahan dengan jumlah yang cukup banyak, misalnya pada sayur sup. Sedangkan untuk anak-anak dapat ditambahkan atau dicampurkan pada pembuatan jus buah misalnya jus mangga, buah jambu biji merah, stroberi, dll dimana sebelumnya daun seledri dikukus terlebih dahulu. Hal ini adalah upaya termudah untuk pemenuhan gizi seimbang setiap hari anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Kandungan daun seledri yang sangat beragam memberikan banyak manfaat, antara lain menyembuhkan rematik. Daun seledri mengandung antiradang dan antibakteri serta vitamin dan mineral lengkap yang mampu meredakan rasa nyeri pada penderita rematik dan juga mampu mengurangi zat purin di dalam persendian yang menjadi pemicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Kedua bisa menurunkan kadar kolesterol. Nutrisi pada daun seledri mampu memecah kolesterol agar tidak menyumbat aliran darah dan mampu pula menecegah penumpukan kolesterol berlebih pada tubuh. Bisa juga menurunkan darah tinggi. Seledri memiliki zat flavonoid dan nutrisi lain yang dapat menurunkan tekanan darah seseorang yang sedang meningkat. Terutama jika mengonsumsi daun seledri secara rutin dan teratur mampu menstabilkan tekanan darah agar tidak meningkat kembali.

Manfaat selanjutnya mengatasi mata kering. Nutrisi pada seledri terutama vitamin A mampu menyehatkan jaringan retina dan kornea mata sehingga mamapu mempertahankan ketajaman penglihatan dan mencegah kekeringan mata akibat serangan radikal bebas.

Bahkan seledri manjur mencegah dan menyembuhkan anemia. Seledri mempunyai kandungan zat besi yang tinggi yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia terutama pada wanita hamil dan yang sedang mengalami menstruasi. Seledri bahkan dikenal mampu mengendurkan saraf yang tegang. Nutrisi pada seledri dapat mengendurkan saraf saraf di sekitar kepala akibat ketegangan yang disebabkan aktivitas atau rutinitas sehari-hari yang membutuhkan kinerja otak dan tenaga sekaligus.

Khasiat seledri yang terakhir adalah mengobati sembelit. Seledri memiliki kandungan asam amino essensial dan vitamin lain yang dapat melancarkan buang air besar (BAB) sehingga terhindar dari sembelit yang mengakibatkan tubuh terasa tidak nyaman, perut terasa penuh, nyeri, dan kembung. (Yan)

.

Read previous post:
JAKA SAMUDRA, DIBUANG DI LAUTAN DITABALKAN JADI SUNAN (9) – Raden Paku Bertemu Ayah Kandungnya di Pasai

Sunan Ampel semakin yakin bahwa Jaka Samudra bukan bocah biasa. Bertepatan pada hari yang sama. Nyai Ageng Pinatih menjenguk Jaka

Close