Buncis Baik Bagi Penderita Diabetes

BUNCIS merupakan salah satu jenis sayuran serbaguna yang bisa tumbuh di berbagai iklim yang berbeda, yang menjadikannya sebagai makanan yang populer dan dikenal secara global. Meski populer digunakan dalam masakan Amerika dan Eropa, buncis juga banyak dibudidayakan di Asia dan Afrika juga. Kacang buncis dapat ditemui dalam beragam hidangan budaya dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Ada beberapa manfaat buncis bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, diantaranya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kacang buncis dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung karena kandungannya yang tinggi akan kadar flavonoid, yaitu antioksidan polifenol yang biasa ditemukan pada buah dan sayuran. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buncis dan mendapat asupan flavonoid yang cukup dapat membantu dalam mencegah berbagai kondisi terkait seperti serangan jantung dan stroke.

Khasiat kedua membantu menurunkan berat badan. Manfaat buncis untuk diet. Buncis mengandung kalori yang cukup rendah, sehingga sangat cocok bagi individu yang ingin menjalani program diet untuk menurunkan berat badan atau hanya untuk sekedar menjaga berat badan.
Lalu menjaga kesehatan mata. Zeaxanthin yang dapat ditemui dalam kacang buncis, dapat berperan dalam menjaga kesehatan mata Anda karena aktivitas antioksidannya yang kuat dan dapat melindungi dari radiasi UV yang berbahaya. Buncis juga dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula yang berhubungan dengan usia.

Sedangkan, kacang buncis kaya akan folat, yang bila dikonsumsi selama kehamilan dapat membantu mencegah kelainan pada janin. Buncis ini juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jantung bayi yang sehat, oleh karena itu buncis merupakan sayuran untuk ibu hamil yang cukup ideal.

Sisi lain, bagi penderita diabetes dapat menambahkan buncis ke dalam menu sehatnya untuk membantu dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya serat dalam kacang buncis yang dapat memperlambat metabolisme karbohidrat sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Buncis juga mengandung kadar vitamin yang cukup tinggi, yang dapat berfungsi sebagai antioksidan kuat, yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, sayuran hijau ini juga dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.
Bahkan juga buncis mengandung sejumlah flavonoid dan antioksidan yang berperan penting dalam mencegah penuaan dini yang diakibatkan radikal bebas. Vitamin A yang hadir dalam sayur buncis ini juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering, keriput, dan bintik-bintik hitam.

Sementara, karena kandungan seratnya yang tinggi, buncis juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita irritable bowel syndrome (IBS) dan sembelit. Buncis ini memiliki efek diuretik sedang pada tubuh, yang dapat merangsang keluarnya urin secara normal dan menghilangkan racun yang berbahaya dari tubuh. (Yan)

.

Read previous post:
Kejar Pengedar Ekstasi, Dapat Penjual Pil Koplo

Close