Kikil Sapi Dukung Kesehatan Tulang


BAHAN alami berasal dari tumbuhan maupun satwa cocok diolah menjadi asupan sehat, bercita rasa serta bertekstur khas. Salah satunya, yaitu kikil sapi. Bahan baku kikil, antara lain bisa diperoleh dari bagian tulang rawan pelindung tulang pada ternak sapi serta kambing/domba dan biasanya berada di bagian kaki.

Olahan atau masakan berbahan kikil sapi pun biasanya tersedia di warung makan atau lokasi kuliner. Sebagian pembeli, bahkan menjadikan masakan berbahan kikil menjadi menu favorit. Selain ada yang dapat disantap di lokasi, ada pula yang dibungkus untuk dibawa pulang. Berusaha dapat rutin dikonsumsi sebab diyakini mempunyai nilai gizi serta khasiat kesehatan seperti diakui Imam N asal Sidokarto Sleman. Wajar saja jika ia memilih masakan berbahan kikil sapi menjadi masakan favorit.

“Selain mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta lezat dikonsumsi, saya yakin masakan berbahan kikil sapi juga dapat untuk membantu mendukung kesehatan. Berbagai sumber juga telah membahas seputar manfaat atau khasiat kesehatan dari olahan berbahan kikil sapi,” terang Imam kepada Merapi.

Adapun manfaat kesehatan dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan kikil sapi, bisa berperan dalam usaha mendukung kesehatan tulang, misalnya sebagai ikhtiar menghindarkan dari osteoporosis atau tulang keropos. Artinya juga bisa mendukung kekuatan tulang, sebab kikil juga kaya mineral kalsiumnya maupun protein hewani.

Selain itu asupan berbahan kikil diyakini pula bisa membantu menjaga kesehatan kulit termasuk ikut mempertahankan kekuatan ataupun elastisitas kulit. Bahkan bisa berperan dalam pertumbuhan sel-sel di  dalam tubuh.

Tak ketinggalan, kandungan beberapa mineral pada kikil dapat membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh. Adanya kandungan antioksidan, antara lain bisa mendukung daya tahan atau kekebalan tubuh. Dengan kata lain, bisa membantu menghindarkan dari risiko terkena gangguan kesehatan ataupun beberapa penyakit degeneratif. Bahkan mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker.

“Kombinasi dengan bumbu-bumbu alami dalam masakan kikil sapi juga dapat menambah manfaat kesehatan, misalnya dapat mendukung menghangatkan badan serta memperlancar sirkulasi darah secara alami,” tandas Imam.

Bumbu-bumbu yang biasa digunakan dalam masakan berbahan kikil sapi, lanjutnya, antara lain bawang putih, bawang merah, merica, kencur, jahe, lombok, laos dan daun salam. Terutama yang berasal dari empon-empon seperti kencur dan jahe diyakini mempunyai banyak peran dalam memperlancar sirkulasi darah dan menghangatkan badan. Artinya juga ada banyak peran dalam mendukung kesehatan secara alami. Pasalnya, dengan sirkulasi darah yang lancar bisa membantu menghindarkan dari gangguan kesehatan.

Adanya rimpang jahe, antara lain bagus juga untuk memperlancar air seni, mendukung kesehatan sistem pencernaan, ditakuti rematik, asam urat, migren, berperan dalam melancarkan sirkulasi darah serta menghangatkan tubuh. Lalu adanya rimpang kencur, misalnya dapat menjadi musuh mual karena masuk angin, sakit kepala, batuk, capek-capek serta membantu menambah tenaga atau bagus untuk mendukung stamina tubuh. (Yan)

Read previous post:
Pati Zona Merah, Per Hari Belasan Jenazah Covid-19 Dimakamkan

PATI (MERAPI) - Merebaknya virus Corona membuat kondisi Pati (Jateng) semakin mengkhawatirkan. Pada tiga hari terakhir ini, jumlah pemakaman dengan

Close