Jaga Kesehatan Mata dengan Nangka

 
POHON gori atau nangka masih mudah ditemukan di kawasan pedesaan. Buah gori yang sudah masak memiliki cita rasa dan aroma khas. Bahan alami ini selain bisa dikonsumsi langsung, bisa juga dijadikan bahan tambahan seperti untuk menambah kelezatan kolak, es campur, es buah serta beberapa olahan/ minuman jenis lain.

Bahan alami ini antara lain mengandung vitamin A, B dan C. Tak ketinggalan beberapa jenis mineral seperti magnesium, fosfor, kalium dan kalsium. Kandungan bahan-bahan ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan tersebut menjadikan nangka diyakini bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Tak kalah penting, bisa sebagai antioksidan kuat, berperan dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk juga bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh, bagus juga jika secara rutin mengkonsumsi buah nangka.  Kandungan fitonutrein seperti lignan, isoflavon dan saponin diyakini dapat melawan kanker. Pasalnya, fitonutrein ini dapat membantu menangkal radikal bebas dari tubuh yang dapat menyebabkan atau memicu kanker.

Bahkan kandungan serat pada nangka juga ikut membantu menjaga kesehatan jantung, normalkan tekanan darah maupun bisa berperan menghindarkan sembelit.

Terutama adanya kandungan vitamin C pada nangka, antara lain akan berperan sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah ataupun menghindarkan risiko terjadinya gangguan kesehatan, misalnya flu, pilek dan infeksi. Vitamin C dalam buah nangka ikut membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yakni dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih.

Selain itu kandungan kalium pada nangka juga bagus untuk menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh, maupun  membantu mengatur tekanan darah. Sehingga dapat mengurangi risiko jantung dan stroke, caranya cukup mengkonsumsi rutin buah nangka maupun olahannya.

Tak kalah penting, bagian biji buah nangka memiliki zat besi antara lain bisa mendukung proses oksigenasi, guna meregenerasi kembali sel-sel darah merah yang bermasalah. Bahkan berperan aktif melancarkan sirkulasi darah, sehingga membuat peredaran darah di tubuh semakin lancar. Cara pemanfaatan biji nangka bisa cukup dengan direbus. (Yan)

Read previous post:
Pasien Corona Kabur dari Selter karena Kangen Kambing Peliharaan

Close