Enceng Gondok Atasi Susah Kencing

 
SALAH satu jenis tanaman air yang mudah ditemukan di berbagai tempat, yakni enceng gondok. Tak jarang jenis tanaman ini hidup liar seperti di pinggir saluran irigasi, permukaan berlumpur, kolam ikan maupun areal persawahan. Bahkan sering digolongkan sebagai tanaman gulma, serta cukup cepat berkembangbiak.

Meski ada yang menganggap gulma, namun tanaman ini memiliki beberapa manfaat atau khasiat kesehatan. Antara lain diyakini bisa berperan dalam usaha mengatasi susah kencing atau kencing tak lancar. Bahkan bisa juga sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan dan biduran. Resep yang dapat diterapkan, cukup menggunakan 100 gram daun serta batang enceng gondok kualitas bagus.

Bahan ini setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir, seperti air dari kran, lalu direbus dengan 300 gelas air bersih. Setelah air rebusan kira-kira tinggal separohnya segera diangkat dan disaring. Air hasil penyaringan diminum setelah dalam keadaan hangat dan bisa digunakan untuk dua kali pemakaian dalam sehari. Sedangkan sebagai obat alami di luar tubuh, misalnya untuk membantu melawan abses dan bisul.

Resep sederhana yang bisa diterapkan,  yakni memanfaatkan seluruh bagian tanaman enceng gondok secukupnya. Setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir, bahan alami ini segera ditumbuk sampai lumat. Hasilnya masih perlu ditambah garam sedikit, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Dalam sehari dapat diganti dua kali, sampai gangguan kesehatan tersebut bisa sembuh.

Sedangkan beberapa ciri lain tanaman enceng gondok, misalnya bagian daun  berwarna hijau, panjang 7-25 cm dan tepi daun rata. Tangkai daun ada bagian yang menggelembung. Akarnya lebat dan panjang tumbuh dari pangkal batang di dalam air.Bunga enceng gondok tumbuh dari ketiak daun, berada dalam bulir, berjumlah 6-12 kuntum dan berwarna ungu. Buahnya bulat panjang, persegi dan di dalamnya terdapat biji. Secara alami mampu berkembang biak dengan cepat.  

Adapun jenis tanaman air berkhasiat lainnya, yaitu lotus atau seroja. Kandungan senyawa yang terkandung di dalam bunga lotus diyakini bisa membantu untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit yang timbul akibat infeksi, virus, jamur dan bakteri. Lalu biji dari bunga lotus atau seroja dapat dijadikan bahan tepung untuk kue, sebab kandungan tepung yang terdapat dalam bunga lotus sangat tinggi. Sedangkan biji bunganya yang masih muda dapat dijadikan bahan  minuman seperti layaknya teh yang mempunyai kandungan antioksidan ataupun musuh radikal bebas.

Selain itu ekstrak etanol yang terdapat pada rimpang bunga lotus, antara lain dapat secara efektif membantu dalam meningkatkan toleransi terhadap glukosa serta efektifitas insulin, sehingga dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Bahan ekstrak daun tanaman lotus sudah banyak digunakan untuk bahan herbal terutama di negara Cina. (Yan)


 

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Prajurit Yonif 403/WP bersama warga rayakan Idul Fitri 1442 H
Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bersama Masyarakat Rayakan Idul Fitri di Perbatasan RI-PNG.

DALAM suasana hari raya Idul Fitri 1442 H, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista turut memeriahkan hari kemenangan ini dengan bersama

Close