Pepaya Lancarkan Pencernaan dan Usir Flek

KENDATI terkenal sebagai buah yang dipercaya mampu memperlancar buang air besar (BAB) karena mengandung banyak serat. Tapi ternyata masih banyak manfaat buah pepaya lainnya yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah jenis ini.

Beragam manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang harus dan layak diketahui diantarabya adalah bisa memperlancar sistem pencernaan. Sabagian orang pasti tahu bahwa manfaat buah pepaya bisa mengatasi sembelit atau susah BAB, maka sangat penting untuk mengonsumsi pepaya setelah makan. Selain mudah didapat, pepaya juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Buah pepaya mengandung ‘papain’ yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Buah pepaya merupakan sumber serat yang baik, folat, vitamin A, karotenoid, lutein, lycopene dan asam amino esensial yang memengaruhi fungsi sel.

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuat tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

Selain itu, bisa juga untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan buah pepaya menjadi salah satu buah andalan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, khasiat buah pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh.

Lalu, khasiat buah pepaya yang satu ini menjadi kabar baik bagi kaum perempuan. Buah pepaya mengandung vitamin E yang tinggi. Maka dari itu, banyak perusahaan kosmetik yang memanfaatkan kandungan pepaya ini untuk membuat produk anti-aging alias pencegah penuaan. Kandungan vitamin E yang tinggi ini bisa mencegah dan mengobati flek-flek hitam sehingga kulit semakin mulus dan kencang.

Sedangkan, manfaat buah pepaya untuk kesehatan tidak hanya terletak pada buahnya saja. Daun buah pepaya juga ikut memberikan konstribusi pada kesehatan tubuh. Para peneliti di University of Florida menggunakan ekstrak daun pepaya kering untuk menemukan efek dramatis pepaya terhadap 10 jenis tumor. Penduduk asli di Australia juga telah berhasil menggunakan ekstrak daun pepaya untuk mengendalikan kanker tanpa toksisitas.

Manfaat pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai pencegah penyakit jantung. Kandungan pepaya terdiri dari vitamin C yang tinggi dan likopen yang sangat bermanfaat untuk menguatkan fungsi jantung. Jadi, jika ingin mencegah penyakit jantung, konsumsi pepaya secara rutin agar jantung semakin sehat.

Dan manfaat buah pepaya juga untuk kecantikan. Manfaat pepaya ini bisa diterapkan untuk membuat rambut subur. Konsumsilah buah pepaya secara rutin untuk membuat rambut menjadi lebat dan subur. Selain itu, pepaya juga bisa membuat kuku semakin cantik dan tidak mudah patah.
Khasiat terakhir adalah mencegah asma. Risiko mengembangkan asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta-karoten, yang terkandung dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu, dan wortel. (Yan)

.

Read previous post:
Mesut Ozil dan Mo Salah Ucapkan Selamat Idul Fitri

PEMAIN sepak bola Jerman, Mesut Ozil, menggunakan akun media sosialnya untuk berbagi kebahagiaan merayakan Idul Fitri tahun ini dengan 24

Close