Daun Dadap Singkirkan Sakit Kepala

 
TANAMAN berkhasiat jenis dadap masih cukup mudah ditemukan terutama di kawasan pedesaan. Bagian daun serta kulit cabang tanaman ini memiliki khasiat kesehatan, sehingga jenis tanaman ini penting untuk dilestarikan keberadaannya.

Jika digunakan untuk membantu menyingkirkan sakit kepala, yaitu bisa menggunakan beberapa helai daun dadap yang sudah dicuci bersih. Bahan alami ini lalu  diremas dan cukup diborehkan pada dahi. Lain halnya jika terpukul sampai bengkak, beberapa helai daun dadap ditumbuk halus dan hasilnya diborehkan ke bagian yang bengkak. Cara ini dilakukan sesering mungkin, misalnya dua atau tiga kali sehari sampai sembuh.

Khasiat penting lain dari daun dadap, yaitu untuk membantu melawan perut mulas. Resep yang bisa diterapkan, yaitu memanfaatkan bagian daun dadap dengan kualitas bagus. Bahan ini dicuci bersih menggunakan air mengalir, lalu dilayukan dahulu di atas api. Selanjutnya ditaruh di atas perut. Resep lainnya, yakni dapat  memanfaatkan beberapa helai daun dadap  dan beberapa lembar daun sosor bebek yang ditumbuk halus sambil diberi sedikit air. Setelah itu hasilnya diborehkan pada bagian perut.

Selain itu bagian daun dadap dapat digunakan untuk membantu melancarkan air susu ibu atau ASI. Caranya, beberapa helai daun dadap yang sudah dicuci bersih lalu diremas dan diseduh dengan satu gelas air panas ataupun hangat. Dalam sehari cukup minum sekali ramuan alami ini dan diharapkan bisa segera sembuh.

Tak kalah penting, dadap juga bisa dimanfaatkan sebagai musuh demam. Caranya, yaitu bisa menggunakan kulit dan cabang muda tanaman dadap. Resep yang dapat diterapkan, bagian daun dadap yang sudah dicuci bersih diremas-remas. Selanjutnya ditambah sedikit adas maupun pulosari. Bahan ini bisa segera diseduh dengan satu gelas air. Hasilnya dapat diminum dua kali sehari sampai sembuh.

Jenis daun berkhasiat lain, yakni daun pepaya. Bahan ini diyakini  mengandung nilai gizi atau nutrisi bermanfaat bagi kesehatan serta berkhasiat. Sebagai contoh dapat membantu menambah nafsu makan,  mencegah serta mendukung terapi gangguan pada pankreas, liver, kanker maupun paru-paru. Tak kalah penting, bagus juga untuk menjaga kesehatan organ dalam di perut sampai ikut membantu melancarkan air susu ibu. Semakin berkhasiat lagi, yaitu jenis pepaya grandhel. Bahkan bagian daun dari jenis pepaya ini juga  biasa juga diolah dengan bagian bunga-bunganya. Dapat disimpulkan pula, baik tanaman dadap maupun pepaya penting dijaga kelestariannya. Penanamannya bisa di pekarangan rumah, areal persawahan dan kebun herbal. (Yan)


 

Read previous post:
Sate Bercampur Sianida Dikirim Nani Berkat Saran Pelanggan Salon

Close