Lantana Camara Musuh Nyeri Otot

SEBAGIAN jenis tanaman berkhasiat sudah banyak dikenal berbagai kalangan. Namun ada pula yang belum banyak dikenal, sehingga masih perlu disosialisasikan lewat berbagai media. Tak jarang pula, ada jenis tanaman berkhasiat obat mempunyai nama berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Tanaman lantana camara termasuk yang mempunyai khasiat kesehatan dan masih perlu banyak disosialisasikan. Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat alami, misalnya bagian daun, bunga dan kulit batang dari lantana camara.  Sebagai contoh dapat dijadikan musuh nyeri otot,  pegal linu, nyeri karena rematik, nyeri pinggang dan keseleo. Bahkan bisa menjadi musuh bebuyutan gangguan kesehatan wujud bengkak, luka serta memar.

Resep sederhananya, yaitu memilih bagian daun yang mempunyai kualitas bagus, tidak terlalu muda maupun terlalu muda dengan jumlah secukupnya. Setelah itu dicuci bersih menggunakan air mengalir,  daun-daun tersebut cukup dilumatkan. Selanjutnya ditempelkan pada bagian tubuh yang nyeri, memar, bengkak maupun luka.  Sehari dapat diganti dua atau tiga kali, diharapkan keluhan kesehatan tersebut bisa segera teratasi.

Khasiat kesehatan lain dari lantana camara, misalnya dapat berperan menjaga serta meningkatkan nafsu makan. Cara yang bisa diterapkan, yakni cukup dengan mengkonsumsi air rebusan kulit pohon tembelekan. Sedangkan untuk membantu mengatasi masalah pada sistem pencernaan, yaitu cukup mengonsumsi seduhan tujuh gram bunga tembelekan bubuk menggunakan segelas air panas. Khasiatnya antara lain dapat membantu mengatasi diare dan sakit perut.

Selain itu bisa berperan mengatasi beberapa gangguan kesehatan pada kulit di tubuh, misalnya  jamur kulit, radang kulit dan eksim.  Resepnya, yaitu cukup merebus bagian  daun tanaman lantana camara dikombinasi sambiloto serta daun ketapang cina. Hasil rebusan bahan-bahan alami ini  digunakan untuk mencuci bagian tubuh yang terkena gangguan kesehatan pada kulit. Tak ketinggalan, bisa dimanfaatkan pula untuk membantu melawan keluhan kesehatan pada sistem pencernaan.

Resepnya antara lain cukup dengan  mengkonsumsi seduhan tujuh gram bunga tembelekan bubuk menggunakan segelas air panas. Minuman berkhasiat ini diminum dalam keadaan masih hangat, misalnya pagi dan sore hari, sehingga diharapkan bisa lekas sembuh. Termasuk juga bisa untuk  membantu mengatasi masalah diare dan sakit perut. Dengan izin Yang Maha Kuasa, cukup menggunakan bahan alami tersebut diharapkan akan segera mengatasi beberapa keluhan kesehatan tanpa perlu obat berbahan kimia maupun berobat ke rumah sakit. (Yan)


 

Read previous post:
MERAPI-DOKUMENTASI Salam satu karya Agoes Jumianto di kontes kartun mengalahkan virus Corona.
DMI Sukoharjo Awasi Kegiatan Masjid Selama Ramadan

SUKOHARJO (MERAPI) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sukoharjo melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas masjid selama puasa Ramadan. DMI meminta pada

Close