Petai Bantu Netralkan Asam Lambung

PEMANFAATAN petai di bidang kuliner cukup beragam, misalnya dijadikan campuran beberapa jenis sayur hingga sambal. Tak ketinggalan dapat dijadikan sebagai lalapan, alias dapat dimakan mentah tanpa perlu dimasak dahulu.

Selain itu petai juga diyakini mempunyai beberapa manfaat atau khasiat kesehatan. Baik itu sifatnya membantu mencegah maupun mengatasi gangguan kesehatan. Antara lain kandungan serat dalam petai, seperti diyakini Wibowo J asal Sidoarum Sleman, yakni bisa mendukung sistem pencernaan. Termasuk diantaranya membantu menetralkan asam lambung serta menghindarkan dari sembelit.

“Sedangkan kandungan zat besi dalam petai antara lain bisa untuk mencegah terserang anemia atau kurang darah,” tandas Bowo kepada Merapi, baru-baru ini.

Tak kalah penting, biji petai ketika rutin dikonsumsi asal tak berlebihan, antara lain  dapat menjadi musuh hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pasalnya, petai memiliki kandungan kalium cukup tinggi, namun rendah garam, sehingga bagus untuk membantu terapi tekanan darah tinggi.

Adapun tiga macam gula alami dalam petai yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga secara instan, yang bertahan cukup lama dan cukup besar efeknya bagi kesehatan ataupun energi tubuh. Bahkan biji petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat rileks, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Selain itu jika sering merasa mual pada pagi hari, bisa cukup makan petai di antara jam makan, sehingga akan membantu mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah. Lain halnya jika karena gigitan nyamuk sampai gatal, maka bisa dengan menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit petai. Saat terserang luka lambung, petai dapat digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan, karena teksturnya yang lembut dan halus.

“Harga petai di pasaran cukup terjangkau, apalagi saat musim panen raya, harganya bisa lebih murah,” tambahnya.

Selain petai, biji mlanding atau petai cina juga dapat dijadikan lalapan. Bahan alami ini juga mengandung zat besi, antara lain akan bisa mencegah dan melawan darah rendah. Adapun kandungan gizi lainnya dalam biji mlanding, misalnya  vitamin A, C, B1, protein,  lemak, karbohidrat, fosfor serta kalsium. Alhasil, asupan berbahan petai cina bisa rutin dikonsumsi dan tak bisa disepelekan manfaat kesehatannya. Apalagi petai ini juga bisa membantu mencegah dan mengatasi disentri, menurunkan kadar gula dalam darah serta menyehatkan kulit.
“Penggemar asupan berbahan petai, biasanya juga senang mengkonsumsi jengkol yang juga memiliki aroma serta cita rasa khas,” tegasnya.

Adapun manfaat atau khasiat kesehatan jengkol, yaitu bisa berperan dalam melancarkan pembuangan urin, sehingga cocok untuk membantu terapi penderita gangguan kesehatan jantung koroner. Kandungan serat pada jengkol akan bagus juga untuk membantu melancarkan buang air besar, sehingga sering juga digunakan sebagai bahan pencuci perut secara alami.(Yan)

Read previous post:
Terdampak Corona, Petani Dapat Bantuan Ikan dan Produk Olahan

TEMANGGUNG (MERAPI) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali luncurkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Program menyasar 112 kabupaten/kota yang

Close