Pala Atasi Noda Hitam di Wajah


PALA termasuk salah satu kekayaan rempah-rempah yang ada di Indonesia. Pemanfaatan bahan alami ini cukup beragam, antara lain di bidang kuliner, herbal dan kosmetik.

Khususnya pemanfaatannya di bidang herbal atau kesehatan alami, bisa  mulai dari cara-cara sederhana/tradisional sampai modern atau perlu menggunakan beberapa piranti modern. Adapun resep sederhana jika dimanfaatkan untuk membantu mengatasi noda hitam di wajah serta jerawat, yakni cukup memanfaatkan bahab utama pala dan susu whole milk.

Caranya, pala yang sudah dicuci bersih menggunakan air mengalir, lalu ditumbuk sampai halus. Hasilnya dicampurkan dengan susu whole milk, lalu diaduk-aduk merata sampai wujudnya berbentuk pasta. Bahan alami berkhasiat wujud pasta ini bisa rutin dioleskan pada bagian wajah yang bermasalah seperti jerawat dan noda hitam di wajah. Setelah dioleskan, lalu didiamkan beberapa menit. Setelah itu wajah dibersihkan seperti biasa. Jika dilakukan secara rutin atau disiplin, misalnya sebelum tidur malam diharapkan segera dapat dirasakan hasilnya.

Selain itu, pala juga diyakini bisa menjadi musuh bebuyutan insomnia atau sulit tidur. Padahal jika sampai kurang tidur/istirahat dapat memicu munculnya beberapa gangguan kesehatan ataupun memicu turunnya imunitas tubuh. Adapun resep sederhananya, yakni cukup menuangkan sedikit pala sudah wujud bubuk misalnya pada segelas minuman susu sapi/kambing, coklat ataupun teh hangat. Lalu rutin diminum sampai gangguan kesehatan tersebut dapat teratasi.

Tak kalah penting, pala juga dapat dijadikan ramuan alami pereda sakit perut. Pasalnya, dalam pala terkandung senyawa alami yang berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan. Wajar juga, dengan izin Yang Maha Kuasa, rempah-rempah jenis pala juga diyakini mampu membantu mengatasi masalah perut kembung, diare serta gangguan pencernaan lainnya.

Dengan memanfaatkan beberapa alat teknologi, pala dapat juga diproses menjadi wujud minyak atsiri dengan aroma yang khas. Khasiat atau manfaatnya bagi kesehatan, seperti untuk membantu melawan sakit gigi. Pasalnya, zat yang terkandung dalam minyak pala membantu memerangi bakteri dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi/gusi,cukup dioleskan beberapa tetes minyak pala pada gusi yang sakit sambil dipijat-pijat ringan. Nah, mengingat ada banyak manfaat dari tanaman pala, sudah selayaknya tanaman ini dilestarikan keberadaannya.

Sedangkan beberapa ciri khas tanaman pala, antara lain tinggi tanaman bisa sampai sekitar 18 meter. Daunnya berbentuk bulat-telur atau lonjong-panjang.  Bagian belakang daun berwarna biru-hijau, sedang bagian atas daun berwarna hijau-tua. Bunganya berwarna kuning, sebagian besar adalah bunga jantan dan sebagian lagi bunga betina. Tanaman pala antara lain cukup mudah ditemukan di sebagian kawasan Pegunungan Menoreh. (Yan)

Read previous post:
Pansel Gelar Seleksi Pengisian Kekosongan Jabatan Sekda Sukoharjo

SUKOHARJO (MERAPI) - Pemkab Sukoharjo membuka seleksi lowongan posisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Pengisian dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) independen

Close