Temu Kunci Atasi Panas Dalam

BEBERAPA jenis tanaman empon-empon diawali dengan kata temu, antara lain temu kunci, temu lawak dan temu ireng. Pemanfaatan empon-empon ini pun sudah lama diterapkan warga, seperti untuk bidang kuliner, kosmetik dan obat alami.

Khususnya temu kunci sering dijadikan sebagai tambahan bumbu suatu masakan. Tak sedikit juga yang meyakini, rimpang dari temu kunci memiliki khasiat kesehatan. Antara lain dapat membantu mengatasi perut kembung dengan cara aman dan alami. Caranya, bisa memanfaatkan rimpang serta daun temu kunci secukupnya. Bahan ini setelah dicuci menggunakan air mengalir sampai bersih lalu ditumbuk halus. Hasilnya ditempelkan pada perut sebagai tapal, sehari dapat diganti dua atau tiga kali sehari sampai keluhan kesehatan tersebut bisa segera sembuh. 

Lain halnya ketika dimanfaatkan untuk membantu melawan masuk angin, yaitu dapat menggunakan ramuan berbahan 15 gram temu kunci, satu sendok teh adas dan dua jari pulasari. Bahan-bahan ini dihaluskan lalu digosokkan pada bagian perut dan dilakukan satu sampai dua kali sehari. Dengan cara sederhana serta alami ini diharapkan, serangan masuk angin bisa segera teratasi.

Tak kalah penting bagian rimpang tanaman temu kunci dengan nama ilmiah Boesenbergia pandurata Roxb ini juga kaya kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol serta etilalkohol. Dengan kandungn ini menjadikan temu kunci juga diyakini bisa berfungsi sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan. Bahkan bisa berperan menghilangkan lendir yang menyumbat hidung, menghangatkan badan, mengeluarkan gas dari perut serta melancarkan sirkulasi darah.

Lain halnya dengan ramuan ataupun minuman kesehatan berbahan temu lawak antara lain akan membantu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan seperti jerawat, haid tak lancar, diare, pegal linu serta demam. Bahkan diyakini dapat meningkatkan nafsu makan, baik anak-anak sampai lansia. Sedangkan pemanfaatan secara sederhana, misalnya untuk melawan jerawat, yaitu cukup dengan menggunakan satu  jari rimpang temu lawak. Bahan ini setelah itu dipotong-potong lalu direbus dalam empat gelas air sampai menjadi separohnya.

Selanjutnya ditunggu sampai hangat, disaring dan ditambah madu murni sebelum diminum. Ramuan berkhasiat seperti ini dapat diminum rutin, sehari dua kali.  Khasiat lain dari temu lawak, antara lain untuk  membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sebagai anti radang, anti sariawan dan musuh maag. Penggunaannya selain secara tunggal, dapat juga dipadu bahan-bahan berkhasiat lain misalnya menjadi wujud jamu godog, serbuk instan, maupun beberapa jenis produk herbal  lainnya.  (Yan)

Read previous post:
Presiden Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Milad Pertama Idaqu

TANGERANG (MERAPI) - Jumat, 5 Maret 2021, menjadi hari bahagia bagi civitas Institut Daarul Qur’an (Iqadu), yang merayakan 1 tahun

Close