Pumpkin Tingkatkan Imunitas Tubuh

SEBAGIAN jenis labu-labuan cukup mudah ditemukan di pasaran. Artinya juga transaksi jual beli labu-labuan tetap bisa eksis sampai saat ini. Satu diantaranya, yaitu labu jenis pumpkin. Tampilannya cukup khas dan diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan.

Seperti dijelaskan pemilik usaha penjualan sayur, daging ayam dan sembako, Dewi Royana Sari, pemanfaatan pumpkin cukup beragam. Antara lain dibuat kolak, dicampurkan pada sayur maupun minuman. Dalam daging pumpkin terkandung nilai gizi cukup tinggi, salah satunya yaitu vitamin C. Kandungan vitamin C antara lain akan membantu menjaga serta meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga diharapkan tak mudah terserang gangguan kesehatan.

“Sama halnya dengan beberapa jenis labu-labuan lain, harga pumpkin cukup terjangkau. Pemanfaatannya juga bisa macam-macam dan bisa dicek juga di internet,” ungkap Dewi saat ditemui di lokasi usahanya kawasan Jalan Gamping – Bantulan, baru-baru ini.

Khasiat kesehatan lainnya, pumpkin diyakini bisa membantu menyingkirkan kolesterol jahat di tubuh. Bahkan juga mengandung zat anti-kanker yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel kanker. Tak kalah penting, kandungan vitamin A di daging pumpkin antara lain bisa mendukung kesehatan mata, misalnya bisa membantu mencegah risiko terkena gangguan yang menyebabkan penurunan fungsi retina.

Selain itu pumpkin diyakini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satu alasannya, karena pumpkin banyak kandungan serat, sehingga berkhasiat juga dalam melawan kembung hingga sembelit. Tak hanya itu, serat pada labu juga bersifat anti-inflamasi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Termasuk juga ikut menurunkan risiko terkena penyakit kronis maupun obesitas atau berat badan berlebih.

“Mengkonsumsi rutin pumpkin atau olahannya juga aman, berbeda jika mengkonsumsi rutin obat-obatan berbahan kimia,” urainya.

Adapun jenis labu lain berkhasiat bagi kesehatan, yaitu labu siam. Kandungan antioksidan dalam labu ini antara lain bisa berperan melawan dan membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.  Bahkan labu siam juga mengandung zat diuretik yang bermanfaat melawan gangguan kesehatan pada perut.

Selain itu, labu siam juga bisa dijadikan ramuan alami musuh batu ginjal. Caranya, yaitu cukup merebus daun labu siam secukupnya. Lalu air rebusan ini disaring serta diminum tiga sampai lima kali sehari. Jika sebagai obat tumit hitam, yakni menggunakan getah labu siam. Caranya, getah cukup dioleskan di tempat tersebut, dibiarkan hingga kering setelah itu dicuci tumit hingga bersih. Kandungan asam folat dalam buah labu siam sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi olahan labu siam akan membantu membersihkan darah.

“Labu siam juga diyakini dapat membantu menjaga tekanan darah bisa tetap stabil,” paparnya. (Yan)


 

 
 

Read previous post:
Pendidikan Berbasis Agama Bentuk Generasi Akhlaqul Karimah

TEMANGGUNG (MERAPI) - Pendidikan berbasis agama berperan sangat strategis membentuk dan melahirkan generasi penerus bangsa yang akhlaqul karimah sebagai daya

Close