Nanas Turunkan Risiko Kanker

ANEKA tanaman buah mempunyai khasiat atau manfaat bagi kesehatan. Bahkan sebagian tanaman buah memiliki beberapa varietas. Meski berbeda varietas, namun diyakini sama-sama berkhasiat. Satu di antaranya, yakni buah nanas, antara lain ada nanas biasa dan nanas madu.
Tanaman dengan nama ilmiah Ananas comosus dan disebut-sebut berasal dari Brasil ini, baik bagian buah serta daunnya diyakini memiliki khasiat kesehatan. Bagian daging buah nanas antara lain banyak mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin ini banyak diyakini mampu mendukung kesehatan badan secara alami. Tak kalah penting,  memiliki kandungan kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, enzim bromelain dan sukrosa.

“Daging buah nanas dapat dikonsumsi langsung, cocok juga dibuat minuman jus sampai dicampurkan dalam es buah. Apalagi jenis nanas madu banyak yang merasa senang, sebab lebih manis dan segar,” ungkap Parjiono yang tinggal di Ngestiharjo Bantul, baru-baru ini.
Ia pun meyakini dengan rutin mengkonsumsi buah nanas, termasuk sudah berwujud minuman jus akan membantu menurunkan risiko terkena serangan kanker. Tak ketinggalan, akan berfungsi sebagai anti oksidan, anti radang musuh ketombe serta ditakuti sembelit atau bisa mempermudah buang air besar. Selain itu daging buah nanas juga baik dikonsumsi saat sedang sakit atau pasca sakit, alasannya antara lain bisa mendukung stamina sebab banyak mengandung gula.

Buah nanas pun diyakini mampu membantu mempertahankan otot normal dan fungsi saraf. Bahkan bisa mendukung kesehatan usus, sehingga diharapkan terhindar dari beberapa gangguan atau keluhan kesehatan yang terkait dengan usus. Sedangkan buah nanas masih mengkal sering dimanfaatkan untuk membantu mengempukkan daging sapi maupun kambing yang akan diolah menjadi aneka masakan dengan cita rasa lezat.
“Beberapa sumber juga menyebutkan, bagian daun dari tanaman nanas juga ada khasiat kesehatannya. Sudah selayaknya jika tanaman nanas dapat dijaga kelestariannya, sebab ada banyak manfaat bisa diperoleh,” tandasnya.

Adapun khasiat daun nanas antara lain untuk membantu melawan bisul dan gatal-gatal. Resepnya, yakni daun nanas setelah dicuci bersih, ditumbuk halus lalu dibalurkan pada bagian yang sakit. Selain itu enzim dalam daun nanas dapat membantu mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Caranya, cukup dengan menumbuk beberapa helai daun nanas yang telah dicuci bersih. Lalu dibalurkan pada bagian kulit yang iritasi karena luka bakar.

Lain halnya jika sebagai musuh  ketombe, yakni menggunakan seperempat buah nanas masak. Bahan alami ini dikupas kulitnya, lalu diparut, diperas dan disaring. Sebelum digunakan masih perlu ditambah air perasan satu buah jeruk nipis dan diaduk sampai rata. Ramuan ini digunakan sebagai obat gosok kulit kepala berketombe. Cara ini dilakukan malam sebelum tidur dan keesokan paginya rambut dikeramas. Ketika rutin diterapkan, dua sampai tiga kali dalam seminggu, semoga bisa dirasakan hasilnya. (Yan)

Read previous post:
Konyol, Maling Gondol Motor Penjual Pentol

PATI (MERAPI) - Ini adalah pencurian sepeda motor paling konyol. Sepeda motor milik penjual bakso pentol digondol maling. Saat pencuri

Close