Jeruk Purut Lawan Influenza

DAUN serta buah jeruk purut banyak digunakan di bidang kuliner.  Selain itu dengan aromanya yang khas, daun serta buah jeruk purut juga diyakini mempunyai khasiat kesehatan.

Adapun khasiat kesehatan dari buah jeruk purut, satu di antaranya dapat digunakan untuk membantu melawan influenza. Resep yang bisa diterapkan, yakni cukup dengan membelah satu buah jeruk purut masak dan banyak airnya. Selanjutnya segera diperas dan diseduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Minuman berkhasiat ini lalu dalam keadaan masih hangat dikonsumsi. Dalam satu hari bisa meminum dua samapi tiga kali sampai keluhan kesehatan tersebut teratasi.

Lain halnya jika digunakan untuk mengatasi kulit mengelupas dan bersisik, cukup membelah jeruk purut tua menjadi dua bagian.

Selanjutnya digosokkan pada kulit yang bersisik, kering dan mudah mengelupas. Baik itu pada kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Cara seperti ini bisa dilakukan satu kali sehari, terutama pada malam hari sebelum tidur. Bahkan, jeruk purut dapat menambah wanginya rambut kepala. Caranya, satu buah jeruk purut masak dicuci sampai bersih, lalu diparut. Ditambah satu sendok makan air bersih,diremas-remas dan disaring. Hasilnya digunakan untuk menggosok rambut setelah keramas.

Diyakini juga bisa membantu menyingkirkn badan terasa lesu dan lelah setelah bekerja maupun letih sehabis sakit. Caranya cukup sederhana, yakni dengan memanfaatkan dua genggam daun jeruk purut segar. Semua daun direbus dalam tiga liter air sampai mendidih,yakni antara 10-15 menit. Hasilnya dituangkan ke dalam 1 ember ditambah air dingin mentah sampai akhirnnya menjadi air hangat dan digunakan untuk mandi.

Sedangkan jenis jeruk sunkist antara lain diyakini memiliki banyak  kandungan vitamin C. Dengan banyaknya vitamin ini diharapkan bisa membantu menjaga imunitas atau daya tahan tubuh dari beberapa gangguan kesehatan. Sehingga sudah selayaknya sunkis dapat dijadikan nutrisi harian.

Tak kalah penting, air perasan jeruk sunkist juga dapat berperan membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan kata lain dapat membantu mengatasi dan mencegah kesulitan buang air besar atau sembelit. Pasalnya, sistem pencernaan yang tak lancar bisa dipicu oleh tubuh yang kekurangan serat dalam asupan sehari-hari.

Rutin mengkonsumsi jeruk sunkist banyak juga yang meyakini dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh.
Kemampuan jeruk sunkist dalam melawan kolesterol jahat, sebab memiliki kandungan serat larut yang bernama pektin. Pektin ini merupakan karbohidrat kompleks yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.(Yan)

Read previous post:
Karanganyar Ekspor Permen Jahe, Berdayakan Petani Lokal

KARANGANYAR (MERAPI) - Budidaya jahe di lereng Lawu bakal makin masif seiring kerjasama ekspor permen jahe ke Amerika Serikat yang

Close