Daun Remujung Atasi Darah Tinggi

PEMANFAATAN atau penggunaan bahan alami berkhasiat obat bisa secara tunggal maupun dikombinasi bahan lain. Ketika dikombinasi dengan bahan lain diharapkan khasiatnya kian bertambah.

Salah satu warga Moyudan Sleman, Sri Hartuti termasuk yang meyakini ketika daun tanaman remujung dan daun sendok dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi darah tinggi atau hipertensi. Resep sederhananya, yaitu dengan memanfaatkan 30 gram herba segar kumis kucing dikombinasi  daun sendok secukupnya. Kedua bahan ini setelah dicuci bersih dengan air mengalir lalu segera direbus dengan tiga gelas air bersih.

“Perehusan sampai mendidih dan dibiarkan beberapa saat. Ketika air perebusan tinggal satu gelas diangkat dan disaring,” terangnya, baru-baru ini.

Hasil dari penyaringaan, lanjutnya, dapat diminum dua kali sehari, masing-masing cukup setengah gelas. Dengan izin dari Yang Maha Kuasa, diharapkan gangguan kesehatan tersebut dapat dihindarkan ataupun lekas sembuh jika sudah terserang. Khasiat lain dari daun remujung atau daun kumis kucing, misalnya untuk membantu mengatasi sulit buang air kecil atau berperan ikut memperlancar pengeluaran air kemih secara alami. Resep yang bisa diterapkan, yaitu cukup memanfaatkan daun dan tangkai tanaman remujung 30 gram. Idealnya juga dikombinasi dengan akar alang-alang sebanyak 30 gram dan herba meniran 30 gram. Semua bahan ini dicuci sampai bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu direbus dengan air sebanyak tiga gelas.

“Jika air perebusan sudah tersisa separohnya, lalu segera diangkat dan disaring. Ramuan berkhasiat ini diminum tiga kali sehari, masing-masing sebanyak setengah gelas,” jelasnya.

Tak ketinggalan, tanaman remujung juga diyakini bisa membantu melawan gangguan kesehatan lainnya seperti kencing batu. Cara membuat ramuannya, yaitu cukup menggunakan beberapa tangkai, daun dan bunga kumis kucing atau remujung. Semua bahan ini dicuci bersih menggunakan air mengalir, misalnya air kran lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, segera direbus dengan air satu setengah liter sampai menjadi sekitar satu liter. Hasilnya bisa dimasukkan almari pendingin dan bisa rutin diminum dua atau tiga kali dalam sehari.

“Bahan alami berkhasiat lain untuk membantu mengatasi hipertensi, yakni memanfaatkan daun sambiloto,” jelas Hartuti.

Resep sederhananya antara lain cukup menggunakan lima helai daun sambiloto segar  yang  sudah dicuci bersih. Setelah itu cukup diseduh dengan setengah cangkir air panas. Setelah dalam keadaan hangat bisa ditambah madu secukupnya sambil diaduk-aduk merata.  Bahan berkhasiat ini lalu diminum sekaligus. Dalam sehari dapat minum ramuan ini dua atau tiga kali. Sama halnya dengan remujung, sambiloto pun mudah dibudidayakan, misalnya di pekarangan rumah ataupun di kebun herbal. (Yan)

Read previous post:
Dewan Kota Pati Menyorot Beaya Pilkades

PATI (MERAPI) – Setelah menyorot rencana pembangunan tambahan gedung barunDPRD Pati, kini LSM Dewan Kota mennyoal beaya pilkades serentak, yang

Close