Rambutan Percepat Sembuhnya Sariawan

TAK sedikit pemilik tanaman buah jenis rambutan berusaha bisa melestarikan keberadaan tanaman ini. Terutama bagian buah dari tanaman ini memiliki cita rasa serta tekstur khas, bahkan diyakini memiliki nilai gizi cukup tinggi terutama vitamin C-nya.

Selain bagian buahnya yang memiliki nilai gizi dan bermanfaat bagi kesehatan, bagian kulit serta biji rambutan diyakini pula memiliki khasiat kesehatan. Bahkan bagian daun dari tanaman ini juga berkhasiat serta sudah dikupas di berbagai media. Wajar jika tanaman dengan nama ilmiah Nephelium lappaceum L.

layak dilestarikan, sebab mampu memberi manfaat bagi manusia. Ternak pemakan dedaunan seperti kambing pun bisa diberi daun rambutan. Adapun manfaat kesehatan, jika bisa rutin mengkonsumsi daging buah rambutan antara lain bisa mendukung imunitas atau daya tahan tubuh, sehingga diharapkan tak mudah terserang aneka gangguan kesehatan. Alasannya antara lain asupan buah rambutan mengandung vitamin C serta sumber antioksidan. Selain itu bisa berperan membantu melawan penyakit dalam tubuh termasuk serangan sariawan. Pasalnya, kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu mempercepat sembuhnya keluhan kesehatan ini.

Tak ketinggalan, buah rambutan bisa berdampak bagus pada kesehatan kulit. Apalagi bagi yang tinggal di kota besar dengan udara yang mengandung lebih banyak polusi dan minim mengonsumsi makanan secara sehat sering memicu gangguan kesehatan pada kulit. Apalagi radikal bebas juga biasa terdapat pada udara terbuka. Efek buruknya jika tidak ditangani sedini mungkin, kulit dapat mudah mengalami penuaan dini. Banyak orang mencari cara mencegah penuaan dini untuk tetap mendapatkan penampilan yang menarik, satu diantaranya rutin mengkonsumsi buah rambutan.

Sejumlah sumber juga menyebutkan, dalam 100 gram buah rambutan mengandung vitamin C 4.9 mg, vitamin B6 0.02 mg, thiamine (vit. B1) 0.013 mg, niacin (vit. B3) 1.352 mg, serat 0.9 g,  energi 343 kJ (82 kcal) dan riboflavin (vit. B2) 0.022 mg. Selain itu rambutan juga mengandung macam macam mineral seperti magnesium 7 mg, iron 0.35 mg, sodium 11 mg, kalsium 22 mg dan mangan 0.343 mg.

Sedangkan untuk mendukung kesehatan kulit, bisa juga menggunakan biji buah rambutan secukupnya. Bahan dan alat yang dibutuhkan, minyak zaitun, blender dan mangkuk.  Resep sederhananya, diawali mencuci bersih biji buah rambutan dengan air mengalir. Lalu dimasukkan ke dalam blender dan dihaluskan sampai lembut.  Bahan ini segera dituang ke dalam mangkuk, serta ditambah minyak zaitun dan segera diaduk rata. Bahan ini dibalurkan ke seluruh permukaan kulit. Selanjutnya didiamkan kisaran 15 menit dan dibilas bersih. Jika dilakukan rutin, semoga segera dirasakan hasilnya. Lain halnya jika untuk membantu menghitamkan rambut. Resepnya, yakni  cukup mengambil beberapa helai daun rambutan yang sudah dicuci bersih. Bahan ini lalu ditumbuk sampai halus serta diberi tambahan air secukupnya. Setelah itu diperas, disaring dengan menggunakan kain kasa, dan hasilnya bisa rutin untuk keramas. (Yan)

Read previous post:
Bupati Sukoharjo Etik Suryani Perintahkan Perbaikan Jalan Telukan-Parangjoro Dipercepat

SUKOHARJO (MERAPI) - Jalan Telukan-Parangjoro di wilayah Desa Telukan, Kecamatan Grogol mengalami kerusakan parah. Penyebabnya diduga karena banyak kendaraan berukuran

Close