Terung Ungu Hindarkan Risiko Kanker


SEBAGIAN jenis tanaman sayur cukup mudah dibudidayakan, bahkan mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan. Satu diantaranya, yaitu terung ungu. Cara penanamannya bisa di tanah langsung, menggunakan pot maupun plastik polybag.

Selain menanam atau membudidayakan sendiri, terung ungu cukup mudah pula diperoleh di pasaran dengan harga terjangkau berbagai kalangan. Cara memanfaatkan hasil panenan terung, antara lain ditumis, dijadikan bahan camuran sayur lodeh, dimasak balado, digoreng dan cara lainnya. Ketika bisa rutin mengkonsumsi olahan berbahan terung ungu, banyak diyakini sebagai sumber nutrisi serta mendukung kesehatan secara umum.

Salah satu warga Jetis Yogya, Suroto termasuk yang meyakini adanya beberapa kandungan nutrisi pada terung dan mampu mendukung kesehatan. Antara lain dengan adanya kandungan serat pada terung dipercaya sangat cocok digunakan sebagai usaha pemeliharaan saluran pencernaan. Bahkan ada pula suatu penelitian menyebutkan, terung merupakan salah satu sayuran yang dapat mencegah resiko kanker.
“Tak sedikit sumber juga dapat dibaca seputar khasiat kesehatan terung, terlebih yang jenis terung ungu,” ungkapnya,  belum lama  ini.

Tak ketinggalan, dalam terung ungu  ada kandungan zat yang dapat menurunkan guncangan psikologi dan mengurangi stres. Bahkan terung juga dapat mencegah epilepsi dan faktor penyebab stres yang lain. Adapun kemampuan mencegah risiko kanker, antara lain karena adanya kandungan inhibitor pada sayuran jenis terung ungu. Lalu berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan pada kelinci, menunjukan kelinci yang diberi terung secara terus menerus terbukti dapat menurunkan lemak dalam pembuluh arteri, sehingga dapat terhindar dari resiko aterosklerosis.

Selain terung, ia juga meyakini jenis sayur lain seperti kemangi, tomat, bayam dan kacang panjang mempunyai beberapa khasiat kesehatan. Sebagai contoh, tomat banyak diyakini mengandung vitamin C dan A. Jenis vitamin ini antara lain bisa sumber antioksidan yang memperkuat imunitas tubuh ataupun tak mudah terserang gangguan kesehatan. “Cara pemanfaatan tomat seperti dikonsumsi langsung atau dijadikan lalapan, dibuat sebagai bahan baku sambal, minuman wedang tomat dan jus,” bebernya.

Penggunaan secara luar, antara lain untuk membantu menghaluskan kulit wajah. Caranya, dapat meletakkan air jus tomat pada wajah. Lalu dibiarkan beberapa saat dan dibilas dengan air bersih. Sedangkan untuk mencerahkan kulit, cukup menggunakan satu buah tomat yang telah dihancurkan. Hasilnya digunakan sebagai masker alami.  Sebagai musuh jerawat, cukup dengan merebus tomat lalu dipotong-potong. Hasilnya digosokkan pada bagian yang berjerawat. Selanjutanya didiamkan sepuluh menit, lalu dibilas dengan air bersih.

Dengan dilakukan rutin, semoga jerawat segera teratasi tanpa menggunakan obat berbahan kimia.  bagus untuk kesehatan secara umum. Bahkan tomat dapat dijadikan sebagai ramuan alami mendukung kecantikkan atau untuk merawat kulit. Aneka kandungan vitamin di dalam tomat dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau daya tahan terhadap serangan gangguan kesehatan (Yan)


 

Read previous post:
JANGAN BIARKAN MASYARAKAT SENDIRIAN MELAWAN CORONA-Setahun Covid-19, DPRD DIY Minta Selter Isolasi Ditambah

Close