Seledri Ampuh Atasi Tekanan Darah Tinggi

MERAPI-AMIN KUNTARI
Asni menunjukkan keripik seledri produksi KWT Ngrembuyung.

SELEDRI merupakan ragam sayuran yang sudah sering dikonsumsi masyarakat. Cukup banyak olahan makanan yang membutuhkan sayuran ini sebagai penyedap, sehingga seledri acapkali tersedia di dapur rumah tangga. Belakangan, orang juga mengonsumsi seledri dalam bentuk jus.
Perlu diketahui, seledri tak hanya berfungsi sebagai penyedap saja, namun juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan badan. Karena banyaknya manfaat dari seledri, sayuran hijau dengan aroma khas ini kemudian dibudidayakan Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngrembuyung di Klegen Sendangsari Pengasih. Kelompok tersebut bahkan memproduksi olahan makanan berbahan seledri, yakni keripik seledri.

“Camilan ini tidak hanya lezat, tapi juga sehat karena khasiatnya banyak. Cocok dikonsumsi masyarakat semua usia,” kata Anggota KWT Ngrembuyung, Asni (45).

Khasiat dari seledri yang perlu diketahui di antaranya membantu diet. Seledri merupakan jenis sayuran yang rendah kalori sehingga cocok untuk masyarakat yang sedang mengelola berat badan ideal. Dalam satu tangkai seledri berukuran besar, kalorinya hanya sebesar tujuh kkal. 

Mengunyah sayuran seledri untuk camilan ternyata bisa mengurangi rasa lapar. Sayuran ini terbukti meningkatkan pelepasan hormon yang bisa memicu rasa kenyang. Selain itu, seledri juga memiliki beragam vitamin dan mineral alami yang bermanfaat bagi tubuh. Sayuran ini mengandung vitamin K, A, C, serta mineral potasium dan folat.

Kandungan kalium dalam seledri juga cukup tinggi. Bahkan, seledri mengandung lebih dari 12 macam antioksidan. Senyawa dalam seledri dapat melindungi tubuh dari radikal bebas berlebih yang bisa merusak sel. Seledri juga terbukti bisa memerangi peradangan akut serta dapat memberikan perlindungan dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer serta menghilangkan sel-sel yang rusak sehingga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, bisa minum jus seledri atau menggunakannya sebagai camilan. Seledri termasuk sayuran dengan kadar air yang cukup tinggi. Hidrasi atau mencukupi asupan cairan tubuh penting bagi kesehatan karena dehidrasi bisa menyebabkan kurang konsentrasi, gangguan suasana hati, sampai memicu penyakit batu ginjal.

Manfaat ekstrak seledri dapat memberikan antiperadangan atau antiinflamasi. Konsumsi zat penangkal peradangan secara rutin bisa menurunkan risiko meninggal karena penyakit jantung dan kanker. Selain banyak mengandung air, seledri juga banyak mengandung serat. Serat baik untuk melancarkan pencernaan dan menjaga perut awet kenyang.

Paling penting, seledri sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Asupan tinggi serat juga bisa menjaga tekanan darah lebih stabil.
Seledri mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan natrium. Mineral tersebut dapat menentralkan asam makanan yang dikonsumsi sehingga bisa membantu mengatasi kenaikan asam di dalam tubuh.

Kendati manfaat seledri bagi tubuh cukup melimpah, namun sebagian masyarakat enggan mengonsumsi karena rasa dan aromanya. Terlebih anak-anak, terkadang tidak suka makan sayur. Sebagai solusi, KWT Ngrembuyung mengolah seledri menjadi camilan yang gurih dan lezat yakni keripik seledri. Dengan campuran bahan-bahan lainnya, keripik seledri bisa menjadi camilan yang enak sehingga cocok bagi seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak.
“Harga yang kami tawarkan juga cukup murah, yakni Rp 6.000 per kemasan isi 50 gram,” kata Asni.

Ia mengklaim, keripik seledri produksi KWT Ngrembuyung laris manis di pasaran. Keripik ini banyak diminati konsumen, terbukti selalu laku saat dipasarkan melalui berbagai pameran. (Unt)

Read previous post:
Demi PSG, Bala Yodha Gelar Kongres I

PATI (MERAPI) - Kelompok suporter Bala Yodha langsung menggelar kongres I. Hajatan yang berlangsung di hotel Safin, Minggu (21/2), adalah

Close