Jamur Kancing Sumber Antioksidan

MERAPI-SULISTYANTO
Beragam olahan jamur kancing mampu mendukung kesehatan badan

ANEKA jenis tanaman berkhasiat obat mampu tumbuh baik di Indonesia. Pemanfaatan secara tunggal maupun dikombinasi bahan-bahan lain diyakini dapat membantu mencegah dan melawan gangguan kesehatan.

Menurut Mei Lucyana Nahdi yang mempunyai usaha pizza Aroma Italia di kawasan Jalan Kaliurang Sleman, jenis jamur kancing dapat dikombinasikan untuk bahan campuran atau topping pizza. Jenis jamur konsumsi ini banyak diyakini mempunyai khasiat atau manfaat kesehatan. Antara lain bisa sebagai sumber antioksidan, sehingga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.
“Bahkan juga dapat menyingkirkan radikal bebas ataupun toksin di dalam tubuh,” ungkapnya.

Selain itu jenis jamur kancing diyakini dapat membantu mencegah dan melawan sel kanker.  Tak kalah penting lagi, yakni bisa membantu mencegah serangan migraine. Sedangkan kandungan seratnya antara lain bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Termasuk di antaranya mencegah sembelit serta melancarkan BAB.

Tak kalah penting, jamur kancing juga dipercaya bisa membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi, bahkan bisa berperan mencegah terserang stroke.
“Ada pula yang merasa cocok dengan rutin mengkonsumsi olahan berbahan jamur kancing dapat membantu program penurunan berat badan atau mencegah obesitas,” tandasnya.

Sama halnya jenis jamur konsumsi lain, sebutnya, jamur kancing juga sudah dibudidayakan berbagai pihak. Jamur ini bahkan mengandung banyak nutrisi yang bagus bagi kesehatan tubuh, misalnya ada niacin, riboflavin, folate, fosfor,  zat besi, panthothenic  acid, zinc, potassium, copper, magnesium,  vitamin B6, selenium dan thiamin. Ekstraksi dari jamur kancing antara lain bermanfaat untuk menurunkan aktivitas dari sel kanker. (Yan)

 


 

Read previous post:
MENGUAK MISTERI PULUNG,PETUNJUK DARI LANGIT (3) – Wahyu Widayat Menjelma Jadi Gadis untuk Menguji Samba

Lakon "Wahyu Cakraningrat", mengkisahkan tentang tiga ksatria (Lesmana Mandrakumara, Samba Wisnubrata, dan Abimanyu) yang berusaha memperoleh Wahyu Cakraningrat. Barangsiapa yang

Close