Daun Miana Mengobati Wasir dan Sembuhkan Bisul

DAUN miana merupakan salah satu jenis daun yang mungkin belum banyak dari masyarakat  mendengarnya. Daun miana sendiri seringkali dikenal dengan sebutan daun iler. Daun miana memiliki daun yang berwarna merah, dan seringkali dimanfaatkan sebagai jenis tanaman obat-obatan alias tanaman herbal.
Banyak jenis tanaman herbal lainnya yang bisa dijadikan obat herbal sebagai pencegah maupun penyembuh dari berbagai Penyakit. Daun miana sendiri memilki nama ilmiah Coleus Scutellarioides, merupakan jenis tanaman yang tumbuh pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Tetapi saat ini daun miana juga bisa dikembangbiakan di dataran rendah, seperti daerah persawahan dan juga pekarangan rumah di daerah perkotaan, sehingga menjadi lebih mudah untuk memanfaatkannya.

Daun miana tentu saja memilki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat penting dari daun miana diantaranya adalah bisa membantu mengobati wasir. Wasir atau ambeien merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang seringkali muncul karena kondisi yang tidak disadari. Biasanya karena kurangnya perhatian terhadap kesehatan pencernaan, maka penyakit wasir ini muncul.

Langkah sederhana mengolah daun miana untuk wasir siapkan kira-kira 20 lembar daun miana dan juga satu ruas unyit. Kemudian bersihkan, lalu kemudian rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 5 gelas air. Rebus hingga mendidih, lalu kemudian dinginkan airnya setelah mendidih. Cukup minum satu gelas ramuan saja setiap harinya, maka hal ini akan membantu menyembuhkan wasir yang anda alami.

Manfaat daun miana berikutnya adalah dapat membantu menyembuhkan bisul, dan juga mengurangi gejala bisul. Untuk mengobati bisul ini, tidak perlu repot untuk membuat ramuan seperti ketika mengobati wasir, namun hal yang perlu dilakukan cukup dengan cara memanaskan daun miana di atas api, namun jangan sampai gosong. Setelah itu tempelkan daun miana pada bagian tubuh yang mengalami bisul, kompres hingga beberapa menit. Lakukan hal ini hingga bisul sembuh dan juga mengering.

Selanjutnya membantu menyembuhkan demam dan menurunkan panas. Caranya pun sangat mudah. Ambil batang dan juga daun miana, rebus batang dan juga daun miana dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air lalu minum setengah gelas ramuan tersebut, untuk membantu menyembuhkan demam dan juga menurunkan panas.

Manfaat daun miana selanjutnya adalah dapat membantu menyembuhkan dan juga meringankan gejala batuk. Daun miana memilki khasiat yang amat sangat baik untuk memantu mengeluarkan dahak yang menempel pada tenggookan, sehingga sangat efektif untuk membantu meringankan gejala batuk.
Cara pemanfaatannya pun sangat mudah, hanya perlu merebus daun miana, seperti ketika  membuat ramuan daun miana untuk meredakan demam. Lalu kemudian dapat meminum rebusan dari daun miana tersebut secara teratur hingga batuk benar-benar sembuh. Jadi tidak perlu repot – repot membeli obat ataupun pergi ke dokter ketika mengalami sakit batuk.

Manfaat daun miana yang terakhir adalah untuk membantu mengatasi gangguan pada saat haid atau menstruasi. Salah satu gangguan yang muncul ketika berada pada sikls menstruasi adalah kemunculan siklusnya yang tidak teratur. Apabila biasanya menstruasi terjadi kurang lebih 1 bulan sekali, namun terkadang muncul gangguan pada siklusnya, dimana bisa saja muncul 2 kali dalam sebulan, atau muncul 2 – 3 bulan sekali. Untuk membantu memperbaiki siklus tersebut, maka selain memeriksakan diri ke dokter yang terpercaya, bisa juga mencoba larutan rebusan dari daun miana ini.  (C-4)

.
 

Read previous post:
Sejumlah anak memanfaatkan RTH di Gajah Wong Educational Park Kampung Pandayen Umbulharjo. Keberadaan RTH menjadi salah satu aspek penilaian Adipura. (MERAPI-TRI DARMIYATI)
Ruang Terbuka Hijau Publik Tak Ditambah Tahun Ini

Close