Bunga Telang Singkirkan Toksin di Tubuh

PEMANFAATAN tanaman berkhasiat obat sudah lama diterapkan masyarakat. Wujudnya tak harus dalam bentuk produk kesehatan alami atau produk herbal. Namun dapat juga diolah secara sederhana dan dikonsumsi rutin, seperti wujud minuman, sayur bahkan camilan yang dapat mendukung kesehatan badan.
Apalagi tak sedikit bagian dari suatu jenis tanaman berkhasiat obat memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mulyono yang tinggal di Kota Yogya meyakini, tanaman bunga telang terutama bagian bunga, daun dan akarnya juga mempunyai khasiat kesehatan. Selain warna biru, ada pula bunga telang warna putih. Bagian bunga telang antara lain bisa dibuat menjadi teh kesehatan, setelah melewati proses pengeringan. Dengan rutin meminum teh bunga telang, antara lain bisa membantu detoksifikasi atau menghilangkan racun/toksin di tubuh, terlebih yang terdapat dalam sistem pencernaan.

“ Minuman teh bunga telang juga dapat dikombinasi dengan bahan-bahan alami lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan, misalnya dikombinasi dengan jeruk lemon, bunga rosela dan stroberi,”  jelasnya.

Contoh kombinasi bunga telang, lanjut Mulyono, yakni tiga kuntum bunga telang sudah kering diseduh dengan air panas, lalu dibiarkan sekitar 10 menit. Warna air yang tadinya bening akan berubah jadi biru. Sebelum diminum dapat ditambah perasan jeruk nipis ataupun lemon dan madu murni secukupnya. Minuman seperti ini juga bagus untuk menjaga kesehatan syaraf. Sedangkan untuk meredam radang mata atau mata memerah, caranya cukup merendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam satu gelas air bersih. Masih perlu ditunggu beberapa saat,  sampai air rendaman menjadi biru. Air yang sudah berwarna biru segera digunakan untuk mencuci mata. Cara ini rutin dilakukan sampai radang mata bisa teratasi alias sembuh.

Jika digunakan sebagai musuh gangguan kesehatan pada kulit seperti bisul maupun abses, yakni dengan menumbuk halus bunga kembang telang berwarna biru maupun putih secukupnya. Setelah itu ditambah gula Jawa secukupnya. Hasil campuran kedua bahan tersebut digunakan untuk menurap bisul atau abses. Dengan izin Yang Maha Kuasa, diharapkan gangguan kesehatan tersebut bisa segera teratasi. (Yan)


 

Read previous post:
MENGUAK MISTERI PULUNG,PETUNJUK DARI LANGIT (2) – Pemimpin Adalah yang Sanggup Memegang Wahyu Makutharama

Kekuasaan Jawa bersifat religius, tidak dapat diganggu-gugat karena merupakan warana atau khalifatullah. Rakyat tidak berhak meminta pertanggungjawaban raja. Rajalah yang

Close