Kakap Hindarkan Risiko Sakit Mata

MERAPI-SULISTYANTO
Daging ikan kakap memiliki nilai gizi dan manfaat kesehatan.

BAIK ikan air laut maupun tawar diyakini memiliki banyak nilai gizi. Dengan demikian akan mampu berperan dalam mendukung kesehatan badan. Bahkan diyakini pula memiliki khasiat kesehatan, sehingga dapat mencegah maupun melawan gangguan kesehatan.

Menurut salah satu pelaku jual-beli ikan asal Sedayu Bantul, Ardani, jenis ikan kakap termasuk banyak peminatnya. Selain harga terjangkau, nilai gizinya juga tinggi. Cocok juga diolah menjadi aneka masakan dengan cita rasa dan tekstur yang khas. Sebagian penjual ikan, bahkan menyediakan ikan kakap sudah wujud daging, sehingga semakin memudahkan jika ingin segera dimasak.

“Nilai gizi ikan kakap, misalnya ada beberapa kandungan jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh,” ungkapnya.

Salah satu vitamin yang terkandung dalam ikan kakap, sebut Ardani, misalnya vitamin A. Vitamin ini antara lain bisa berperan menghindarkan risiko sakit mata, artinya juga dapat menjaga kesehatan organ penglihatan. Bahkan bisa bermanfaat dalam usaha membantu menjaga kesehatan kulit termasuk mencegah penuan dini. Sedangkan kandungan omega-3 pada ikan kakap, antara lain dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit atau gangguan kesehatan pada organ jantung. Termasuk juga untuk membantu mencegah  penyumbatan pembuluh darah serta menumpuknya kolesterol jahat di tubuh.

Beberapa sumber juga menyebutkan, lanjut Ardani, daging ikan kakap memiliki kandungan kalsium, sehingga dapat berperan mencegah osteoporosis atau keropos tulang. Adapun kandungan selenium pada daging ikan kakap, bisa membantu mendukung fungsi sel-sel darah putih dan sangat diperlukan untuk kelenjar tiroid agar berfungsi dengan sebaik mungkin. Selain itu selenium juga bisa sebagai sumber antioksidan.

“Selain jenis ikan, beberapa jenis kerang berasal dari laut juga mempunyai manfaat kesehatan. Bagian daging kerang dapat diolah menjadi beberapa masakan,” tambahnya.

Olahan kerang antara lain diyakini bisa membantu memperlancar sirkulasi darah yang lancar. Dengan sirkulasi darah yang lancar maka diharapkan dapat mencegah datangnya beberapa gangguan kesehatan. Selain itu bisa membantu mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan. Selain itu dalam daging kerang juga terkandung vitamin B12, sehingga dapat berperan menjaga serta meningkatkan fungsi syaraf di tubuh. Ditambah lagi, olahan daging kerang juga diyakini bisa  menjaga serta meningkatkan kesehatan organ jantung. Artinya pula dengan rutin mengkonsumsi olahan kerang dara, asal tak berlebihan atau over menjadikan jantung tetap tetap terjaga kesehatan maupun fungsinya alias tetap bisa normal.(Yan)


 

Read previous post:
PANGERAN GAGAK SINANGLING (8) – Uddara Menobatkan Diri Sebagai Raja Majapahit

Matahari sudah tinggi ketika mereka bertiga memasuki kotaraja Majapahit. Prajurit jaga regol yang memegang tombak membiarkan saja mereka lewat karena

Close