Buah Ara Bantu Cegah Encok


TANAMAN berkhasiat obat antara lain banyak dimanfaatkan bagian daun, buah, kulit batang, akar dan bunganya. Ketika semakin banyak yang merasakan manfaat bagi kesehatan, suatu tanaman berkhasiat obat semakin banyak yang membudidayakan. Usaha membudidayakan atau melestarikan tanaman obat, bahkan berusaha memanfaatkan dengan baik termasuk bagian dari rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Selain itu wujud dari tak menyepelekan suatu tanaman. Sebagian jenis tanaman bumbu atau rempah-rempah dapat juga dijadikan tanaman obat.

Menurut Ny Sulistyawati yang tinggal di kawasan Jalan Kabupaten Sleman, tanaman buah ara atau buah tin tak dapat diremehkan keberadaannya. Bagian daun serta buah dari tanaman ini diyakini memiliki kandungan nutrisi serta bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan ketika tanaman ini sedang kompak berbuah menjadi pemandangan atau hiburan tersendiri.

“Saat pandemi Covid-19 belum berakhir, bercocok tanam baik jenis tanaman hias, buah, sayur dan yang mempunyai khasiat kesehatan akan menjadi hiburan tersendiri, diharapkan pula bisa menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh,” terangnya.

Buah ara yang sudah masak, sebutnya, mempunyai cita rasa khas. Dalam buah ara diyakini banyak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh, misalnya sejumlah vitamin, karbohidrat, protein, yodium, kalsium, fosfor, zat besi dan magnesium. Khasiat atau manfaatnya bagi kesehatan, antara lain bisa membantu mencegah dan melawan encok, musuh sembelit dan batuk. Bahkan bisa sebagai pencahar dan kaya kandungan anti oksidan.

“Ketika bisa rutin mengkonsumsi buah ara akan memperoleh banyak manfaat kesehatan. Selain dikonsumsi langsung, dapat juga diproses menjadi beberapa olahan seperti minuman jus, selai dan sirup,” paparnya. (Yan)

Read previous post:
Jalan Lain ke Alam Gaib

PAGI ini kecelakaan bus lagi-lagi terjadi. Entah sudah berapa banyak menelan korban. Minggu lalu truk terguling, bulan lalu mini bus

Close