Jeruk Keprok Lawan Kolesterol Jahat

JENIS jeruk berbentuk bulat dengan ukuran lumayan besar sering disebut jeruk keprok. Ada lagi sebagian masyarakat menamai jeruk gulung ataupun jeruk Bali. Air dari jeruk ini memiliki cita rasa khas, mengandung nilai gizi serta diyakini mempunyai khasiat atau manfaat kesehatan.

Salah satu warga Gamping, Tugiman, meyakini buah ini dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kadar lemak serta kolesterol jahat di dalam tubuh tinggi. Bahkan ada zat yang cukup efektif mencegah atau menghindarkan pembentukan plak di pembuluh darah. Pasalnya, plak di pembuluh darah jika kian banyak akan dapat merusak ataupun menyumbat pembuluh darah, sehingga bisa memicu serangan jantung. Bahkan jika sampai pembuluh darahnya pecah dapat memicu beberapa gangguan kesehatan termasuk stroke.

“Jadi dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk keprok seperti ini akan memberi banyak manfaat bagi kesehatan secara alami,” ungkap Tugiman kepada Merapi, baru-baru ini.

Tak kalah penting buah jeruk keprok juga diyakini memiliki banyak kandungan vitamin serta anti oksidan. Alhasil bisa berperan menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh. Artinya juga tak mudah terserang gangguan kesehatan. Bahkan bisa berperan  mencegah terkena kanker prostat maupun anemia atau kurang darah.

“Ketika ditanam di tanah subur, banyak mendapatkan sinar matahari dan secara berkala dipupuk dengan pupuk organi seperti kotoran ternak,” tandasnya.
Selain jeruk, buah pisang juga mempunyai banyak nilai gizi serta manfaat kesehatan. Apalagi pisang varietas ambon, antara lain dapat berperan menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan maupun kesehatan kulit. Bahkan dapat membantu menambah nafsu makan dan stamina bagi penderita penyakit lever, sehingga diharapkan lebih bisa bugar menjalani aktivitas sehari-hari. Sedangkan kandungan kalsium pada pisang varietas ambon antara lain bisa efektif mencegah tulang rapuh atau osteoporosis, sehingga perlu rutin dikonsumsi rutin setiap hari. Tak ketinggalan dapat membantu meredam ataupun mengurangi nyeri persendian, stres serta menghindarkan dari berat badan berlebihan atau obesitas.

“Jenis buah-buahan lain seperti jambu, kelengkeng, anggur dan mangga juga bagus untuk mendukung kesehatan badan. Sehingga di pekarangan rumah kami, kami usahakan dimanfaatkan sebaik mungkin seperti untuk menanam buah-buahan, bisa di tanah langsung ataupun menggunakan pot,” papar Tugiman. (Yan)

Read previous post:
Penularan di Puskesmas Kerjo Terparah

KARANGANYAR (MERAPI) -Sebanyak 32 tenaga kesehatan (nakes) dan pegawai administrasi di Puskesmas Kerjo terkonfirmasi positif Covid-19. Ini merupakan kasus terparah

Close