Minyak Sereh Wangi Memiliki Prospek Ekonomis Tinggi

MERAPI-TEGUH
Sunaryo menunjukkan produk minyak sereh wangi yang siap edar.

UNTUK memulai kegiatan usaha rumahan, tidak harus menggunakan peralatan canggih dan bermodal besar. Dengan memanfaatkan teknologi tepat guna yang murah dan sederhana ternyata juga dapat memberikan hasil lumayan. Terlebih yang diproduksi merupakan komoditas punya nilai ekonomis tinggi dan dibutuhkan banyak pihak, seperti minyak sereh wangi, misalnya.

Dengan memanfaatkan tungku penyulingan sederhana Sunaryo warga dusun Kebosungu, Dlingo, Bantul mampu memproduksi minyak sereh wangi dari bahan rumpun sereh merah yang banyak dibudidaya warga kampung itu. Sejak beberapa bulan lalu, Sunaryo terus mengembangkan produk unggulan ini dan mampu menembus berbagai pasar dengan harga lumayan tinggi hingga dapat mensejahterakan para petani sereh merah di Dlingo.

“Meski dengan peralatan dan rumah produksi yang masih sangat sederhana, manun produk minyak sereh wangi produk kami sudah terserap pasar bahkan permintaan semakin banyak,” ucap Sunaryo kepada Merapi, belum lama ini di rumah produksinya.

Manfaat minyak sereh wangi selain banyak digunakan untuk keperluan pengobatan para herbalis, juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lain seperti produk-produk farmasi dan kosmetika. Namun begitu secara tradisional minyak sereh wangi juga sering digunakan untuk aroma terapi dan minyak urut untuk menghangatkan dan memberi efek wangi khas pada tubuh.

“Kapasitas produksi kami masih sangat terbatas, baru bisa memasak daun sereh merah dengan ketel sederhana berkapasitas satu kuintal. Sehingga untuk memenuhi permintaan pemesan harus memproduksi beberapa kali setiap harinya. Pada hal untuk sekali produksi hanya mendapatkan tidak kurang seperempat liter saja. Untuk memenuhi pesanan 1 liter sehari semalam tungku penyulingan terus berproduksi” ucap Sunaryo menjelaskan.

Produk rumahan ini sudah banyak dipasarkan di berbagai daerah dengan nama produk Shafaluna dalam dua kemasan khas. Menurut Sunaryo produknya masih merupakan minyak orisinil dan belum diolah atau dicampuri dengan berbagai aroma. Faedah minyak sereh wangi lainnya diyakini mampu menyembuhkan berbagai keluhan pencernakan dan sakit perut. (C-3)

Read previous post:
Segarkan Mata di Ubud’e Jogja

BOSAN dengan hiruk pikuknya kota? Anda perlu berkunjung ke Pronosutan, Kembang Nanggulan, Kulonprogo. Di sana, ada area perswahan yang begitu

Close