Som Jawa Atasi Gusi Bengkak

MERAPI-SULISTYANTO
Bagian daun maupun akar tanaman som Jawa bisa mendukung kesehatan secara alami.

TANAMAN bernama som Jawa mempunyai banyak manfaat kesehatan. Suatu hal yang wajar jika sering ditanam di lahan apotek hidup ataupun kebun herbal. Bagian tanaman yang biasa dijadikan ramuan tradisional atau bahkan produk herbal, yakni akar (umbi) serta daun-daunnya.
Pemanfaatan secara sederhana pun dapat diterapkan, misalnya untuk membantu mengatasi gusi bengkak. Resep sederhananya, yaitu dapat menggunakan campuran daun serta akar som Jawa yang dipotong-potong lalu dicuci bersih menggunakan air mengalir. Bahan ini lalu dipanggang sampai kering.

Selanjutnya dijadikan bubuk dan hasilnya cukup dioleskan pada bagian yang sakit. Selain itu bagian daunnya antara lain berkhasiat membantu melawan  bisul. Cara pemanfaatannya, yakni daun segar som Jawa dicuci bersih dan ditambah gula merah secukupnya. Bahan alami ini lalu digiling sampai halus dan ditempelkan pada tempat yang sakit. Lain halnya untuk memperlancar ASI, daun som Jawa segar dicuci bersih. Selanjutnya ditumis dengan dipadu sejumlah bumbu dan rutin dikonsumsi sebagai sayur.

Ada pula yang meyakini bahan ini bisa sebagai anti lemah syahwat. Bahan yang dibutuhkan, yaitu bagian akar ginseng jJwa sebanyak 50 gram. Selanjutnya dicuci bersih, diiris tipis-tipis dan diseduh dengan tiga perempat cangkir air panas. Bahan ini bisa ditambah sedikit brem dan diminum selagi hangat. Resep lainnya,  yaitu menggunakan 15 gram akar som Jawa segar yang sudah dicuci bersih. Bahan ini lalu dipotong kecil-kecil dan direbus dalam dua gelas air hingga airnya tersisa satu gelas. Setelah itu disaring dan didinginkan. Ramuan ini diminum dua kali sehari, pagi dan malam hari menjelang tidur.

Jika dijadikan musuh beri-beri yaitu membutuhkan lima gram akar som atau ginseng Jawa. Bahan ini dicuci bersih lalu direbus dengan satu gelas air sampai mendidih.  Air hasil rebusannya cukup diminum satu kali sehari dalam keadaan masih hangat. Hanya saja perlu diperhatikan, akar segar som Jawa sebelum dipakai sebagai obat alami ada baiknya dikeringkan dahulu untuk penyimpanan. Bahkan perlu juga dikukus atau diuapkan terlebih dahulu. Pasalnya, pemakaian akar segar secara langsung bisa menyebabkan diare.

Lalu bagaimana untuk membudidayakan atau memperbanyak som Jawa? Penanaman dapat di tanah langsung secara berkelompok, di pot-pot atau berbagai jenis wadah yang dapat diisi media tanam. Cara memperbanyaknya antara lain menggunakan bagian biji tanaman yang sudah tua (generatif). Bisa juga cukup dengan setek batang, terutama bagian batang yang sudah tua (vegetatif). Ketika ditanam dalam suatu lahan, bisa juga menerapkan tumpangsari dengan beberapa jenis tanaman lainnya. Jika bisa membudidayakan sendiri, sewaktu – waktu ingin memanfaatkan bagian daun maupun akarnya tinggal mengambil, tanpa perlu mencari di alam. Guna memperoleh khasiat yang optimal dari bahan akarnya diperlukan tanaman minimal berumur tujuh bulan sampai lebih dari satu tahun. Sedangkan untuk kebutuhan daun segar dapat dipanen pada tanaman berumur tiga sampai enam bulan. (Yan)

Read previous post:
KYAI SANTRI ORANG SALEH YANG DITEMBAK BELANDA DI BANTUL (3) – Tubuhnya Terlontar dan Jatuh di Dalam Parit Sawah

Orang itu kembali ke makam Mbah Kyai Santri pada waktu yang lain dengan tujuan untuk meminta maaf kepada jurukunci dan

Close