Telur Bantu Sehatkan Mata dan Kulit

MERAPI-SULISTYANTO
Telur memiliki banyak manfaat kesehatan.

ASUPAN bermanfaat bagi kesehatan, satu diantaranya yakni olahan telur.  Adapun telur yang sudah biasa diolah warga berbagai kalangan, yakni telur ayam dan itik. Terutama telur itik dan ayam kampung sering dimanfaatkan pula untuk campuran jamu tradisional. Bahkan sejak zaman nenek-moyang kita sudah biasa memanfaatkan telur itik dan ayam kampung, termasuk ada yang senang mengkomsumsi masih mentah maupun direbus setengah matang.

Menurut salah satu warga Sidomulyo Sleman, Heri Kiswanto, kandungan gizi pada telur juga sangat baik untuk mendukung kesehatan badan secara alami. Dalam satu butir telur diyakini terkandung vitamin A, C, D, E, K, lecithin, beta karoten, protein,  zat besi dan karbohidrat.  Terutama kandungan vitamin E dan A pada telur antara lain bisa mendukung kesehatan kulit serta mata. Jika dijabarkan secara rinci,  adanya  vitamin E antara lain akan mendukung kesehatan kulit, misalnya untuk mencegah berbagai keluhan kesehatan pada kulit seperti gatal-gatal, ruam, iritasi dan lain-lain.
“Adapun vitamin A yang terkandung dalam telur antara lain akan dapat membantu menjaga organ mata, sehingga diharapkan organ mata memiliki penglihatan yang baik. Artinya juga berbagai gangguan kesehatan pada mata dapat dicegah dan dilawan secara alami,” ungkap Heri.

Terutama pada bagian kuning telur diyakini pula mempunyai banyak kandungan protein dibandingkan bagian putih telur. Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat. Selain itu jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagian dalam telur, baik putih maupun kuning telur diyakini dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak. 

MERAPI-SULISTYANTO
Heri Kiswanto.

Ditambahkan, khususnya jenis telur itik cocok juga dibuat telur asin, sehingga bisa mempunyai cita rasa khas, bahkan bisa awet disimpan sebagai stok untuk mencukupi gizi sehari-hari. Tak kalah penting, pada telur asin juga kaya kandungan omega-3, sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Dengan kata lain, omega-3 akan bisa berperan menyehatkan sel-sel otak, bahkan bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya aneka gangguan kesehatan pada otak.
“Tak kalah penting, ada pula warga yang merasa cocok jika bisa rutin mengkonsumsi telur asin ada juga yang merasa cocok untuk terapi hipertensi, sehingga kesehatan dan kekebalan tubuhnya dapat terjaga,” tambahnya.

Tak kalah penting, dengan rutin mengkonsumsi asupan dari telur terlebih telah diolah menjadi telur asin, antara lain bisa membantu mencegah osteoporosis maupun gangguan kesehatan pada tulang. Apalagi bagi kaum wanita yang telah menopause. Selain itu olahan wujud telur asin  juga diyakini bisa meningkatkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Lalu kandungan protein pada telur asin akan memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan dan memanfaatkan zat-zat gizi dari makanan dan minuman. (Yan)


 

Read previous post:
Polisi Awasi Pergerakan Pasca Pembubaran FPI

KARANGANYAR (MERAPI) - Polres Karanganyar mengawasi pergerakan massa yang mengatasnamakan front pembela Islam (FPI) pascapembubarannya oleh pemerintah. Segala bentuk aktivitas

Close