Raspberi Bantu Hindarkan Sakit Sendi

MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman raspberi (masih bibit), suatu saat menghasilkan buah yang bermanfaat bagi kesehatan.

TANAMAN dari keluarga beri-berian cukup beragam jenisnya. Bagian buah tanaman ini diyakini mempunyai nilai gizi dan khasiat kesehatan. Antara lain ada jenis blueberi, blackberi dan raspberi (raspberry). Jika dijual-belikan, bibit tanaman ini biasa ditanam di plastik polybag ataupun pot.

Khususnya raspberi antara lain diyakini dapat membantu menghindarkan ataupun meringankan sakit sendi dan peradangan. Di dalam buah raspberi ada nutrisi yang dapat menghambat resorpsi tulang atau suatu kondisi dimana kalsium diangkut dari jaringan tulang ke darah. Bahkan buah raspberi juga mengandung mangan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran lemak akan berlangsung secara maksimal. Artinya juga bisa membantu dalam usaha menurunkan berat badan berlebih atau obesitas.

Tak kalah penting, kandungan fitonutrien bersama dengan polifenol dalam raspberi diyakini dapat membantu memperbaiki masalah kognitif dan memperkuat memori yang menurun, misalnya karena faktor usia. Sedangkan serat pada raspberi antara lain untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi menjadikan raspberi antara lain diharapkan bisa berperan melindungi tubuh dari kanker. Dalam satu penelitian pada hewan menunjukkan, ekstrak raspberi merah dapat mencegah pertumbuhan kanker hati pada tikus. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian pada manusia. Selain itu antioksidan dalam raspberi juga bisa berkontribusi terhadap kesehatan otak. Tak ketinggalan, kandungan vitamin C dan E yang ada di dalam buah ini juga dapat membantu melindungi kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengingat informasi seiring bertambahnya usia.

Bahkan raspberi juga mengandung antioksidan yang dapat menyaring sinar blue light yang berbahaya untuk mata. Antioksidan ini juga memainkan peran dalam melindungi mata dari masalah seperti degenerasi makula terkait usia yang bisa menyebabkan masalah penglihatan pada lansia. Kekuatan antioksidan dalam raspberi juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan radikal bebas di tubuh. Vitamin C dalam buah ini juga sangat penting bagi kesehatan kulit yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Ada pula sumber menyebutkan, raspberi cocok untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Manfaat raspberi untuk diabetes ini dihasilkan dari serat yang terkandung di dalamnya. Penderita diabetes tipe-1 yang rutin mengonsumsi buah ini akan lebih terkendali kesehatannya dibandingkan yang tak mengonsumsinya.(Yan)


 

Read previous post:
Minta Suami Nikah Lagi

MESKI dalam kondisi sakit lumpuh, namun hati dan pikiran Hastri tetap normal. Sebagai seorang istri yang tidak bisa menjalankan kewajiban

Close