Mengkudu Sebagai Pembersih Darah

MERAPI-SULISTYANTO
Buah serta daun mengkudu dapat mendukung kesehatan secara alami.

SEBAGIAN warga ada yang merasa enggan mengkonsumsi bahan alami  berkhasiat, misalnya karena ada rasa pahit maupun aroma kurang enak. Namun sebenarnya jika dikonsumsi secara tak berlebihan akan mampu mendukung kesehatan badan secara alami.

Salah satu warga Sumberagung Sleman, Heri Susanto mengungkapkan, ramuan alami berbahan mengkudu atau pace juga dapat mendukung kesehatan secara alami. Baik bagian buah serta daun tanaman mengkudu diyakini mempunyai aneka khasiat kesehatan. Dengan dikonsumsi secara tak berlebihan, ramuan dari buah mengkudu antara lain bisa membantu membersihkan darah, mencegah dan melawan hipertensi, menambah energi atau stamina serta membantu  mengembalikan fungsi sel-sel tubuh yang aus atau rusak. Dengan izin Yang Maha Kuasa dapat juga membantu mengatasi batuk berdarah, disentri, lever, malaria, cacar air dan radang amandel.

MERAPI-SULISTYANTO
Heri Susanto.

“Produsen herbal pun biasa membuat produk dengan memanfaatkan buah mengkudu. Salah satu caranya ada yang diiris-iris dahulu buah mengkudu, lalu dijemur sampai kering dan diproses menjadi wujud serbuk,” papar Heri.

Adapun cara sederhana memanfaatkan mengkudu, misalnya untuk melawan  gangguan kesehatan pada amandel. Resepnya, yakni satu buah mengkudu masih mengkal diparut. Hasilnya cukup diseduh dengan air hangat 100 ml dan beningannya ditambah madu satu sendok teh. Bahan ini digunakan untuk berkumur-kumur dan jika ada yang terminum pun tak masalah. Sedangkan khasiat daun mengkudu, misalnya untuk membantu pemulihan pasca bengkak, retak ataupun patah tulang. (Yan)


 

Read previous post:
Ikutan Nonton Kuncung Bawuk

TIGA bulan lalu Misto oleh Pimpinan perusahaan tempatnya dia bekerja, dipindah tugaskan ke Yogyakarta. Karena kesibukan mengurus kerja sambilannya, Bu

Close