Terung Ungu Hindarkan Risiko Sakit Jantung

MERAPI-SULISTYANTO
Olahan terung mempunyai manfaat kesehatan dan bisa rutin dikonsumsi.

IKHTIAR atau usaha agar bisa mendukung kesehatan secara alami dapat dengan menerapkan beragam langkah. Antara lain rutin mengkonsumsi asupan alami, namun idealnya tak berlebihan. Asupan yang biasa dijadikan lalapan seperti kemangi, kol (kobis), mentimun serta tomat diyakini juga dapat berperan mendukung kesehatan badan.

Sarwadi pemilik angkringan Mbah Harjo di Sidoluhur Sleman juga meyakini beberapa olahan jenis sayur seperti terung, pare, lompong, kluwih dan bayam mempunyai khasiat kesehatan. Jenis terung ungu dengan cita rasa serta tekstur yang khas setelah dibuat suatu masakan, antara lain bisa membantu menghindarkan risiko terkena serangan sakit jantung. Alasannya, dalam terung terkandung serat cukup tinggi. Selain jenis terung ungu, terung dengan warna hijau atau putih pun diyakini mempunyai khasiat atau manfaat kesehatan yang sama.

“Dengan izin Yang Maha Kuasa, jika bisa rutin mengkonsumsi olahan terung dapat juga membantu terapi hipertensi atau darah tinggi, baik sebagai usaha pencegahan maupun melawan hipertensi,” bebernya.

MERAPI-SULISTYANTO
Sarwadi.

Bahkan olahan terung juga diyakini dapat membantu melawan kolesterol jahat di tubuh serta menghindarkan risiko kanker. Jika ingin menanam sendiri tanamannya, antara lain dapat ditanam di tanah langsung, menggunakan pot, plastik polybag maupun jenis wadah lain. Dengan dirawat yang baik serta dipupuk secara berkala, misalnya menggunakan jenis pupuk organik, diharapkan tanaman terung bisa tumbuh dengan baik serta rutin berbuah.

“Selain terung, sayur berbahan pare juga bagus untuk kesehatan. Meski ada sedikit rasa pahitnya tetap banyak yang berminat membeli secara prasmanan. Terlebih mereka yang sadar untuk bisa mewujudkan kesehatan secara alami,” papar Sarwadi yang akrab disapa Harjo.(Yan)

Read previous post:
Merasa Dirinya Paling Sial

PENASARAN dengan kondisi yang dialami Hastri, Dirga pun ingin mencari langsung pada dokter yang merawatnya. Namun setelah diberi penelasan, Dirga

Close