Berbahan Sagu Sehatkan Sistem Pencernaan

MERAPI-SULISTYANTO
Minuman dawet yang menggunakan bahan tepung sagu bagus untuk kesehatan.

MAKANAN maupun minuman yang mampu mendukung kesehatan secara alami layak untuk rutin dikonsumsi. Namun alangkah bijaksananya jika dapat dikonsumsi dengan tak berlebihan agar tak memicu efek samping yang justru merugikan kesehatan.

Pemilik usaha penjualan minuman dawet di Moyudan Sleman, Dyah Wahyuningsih pun mengungkapkan, bahan-bahan alami pada jenis minuman dawet juga mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan.  Misalnya, tepung sagu, tepung beras  dan santan kelapa. Adanya bahan tepung sagu, diharapkan bisa berperan mendukung kesehatan sistem pencernaan, termasuk di antaranya memperlancar buang air besar serta menghindarkan dari serangan kanker usus. Selain itu juga berperan  menghindarkan risiko terkena kanker paru-paru, bahkan ikut mendukung program diet untuk mengurangi berat badan berlebih (obesitas).

“Warna hitam pada cendol dawet menggunakan merang padi yang sudah dibakar dan dijadikan bubuk. Selain sebagai pewarna, campuran sedikit abu merang juga ada manfaat sebagai antioksidan,” ungkap Dyah.

MERAPI-SULISTYANTO
Dyah Wahyuningsih.

Dengan memiliki manfaat sebagai antioksidan antara lain akan dapat menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh. Tak ketinggalan, cendol dawet berbahan sagu dan bubuk merang dipercaya bisa menjadi musuh panas dalam. Adapun manfaat kesehatan santan kelapanya juga cukup beragam, seperti sebagai anti virus, anti bakteri, anti mikroba dan anti jamur. Perpaduan antara bahan-bahan untuk membuat cendol dawet serta santannya mengandung juga nilai gizi, seperti beberapa vitamin, protein, serat dan mineral. (Yan)


 

Read previous post:
UMK Purworejo Bakal Naik Menjadi Rp 1.905.400

PURWOREJO (MERAPI) - Upah Minimum Kabupaten (UMK) Purworejo Tahun 2021 bakal naik menjadi Rp1.905.400 atau naik Rp 60.400 atau 3,27

Close