Tape Ketan Tingkatkan Imunitas Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan tape ketan bisa membantu mendukung kesehatan.

SEBAGIAN jenis olahan hasil dari peternakan, perikanan maupun pertanian diyakini mempunyai nilai gizi tinggi. Ketika rutin dikonsumsi asal tak berlebihan dapat membantu mendukung kesehatan secara alami.

Pemilik kuliner Geblek Pari di Pronosutan Nanggulan Kulonprogo, Merici Putri mengungkapkan beberapa jenis minuman tradisional berbahan empon-empon serta bersifat alami sudah lama dikenal memiliki manfaat atau khasiat kesehatan. Bahkan minuman seperti wedang tape termasuk yang mempunyai manfaat kesehatan. Apalagi juga ditambah dengan perasan jeruk nipis, sehingga diyakini semakin menambah khasiat kesehatan dari minuman tersebut.

“Minuman wedang tape ditambah perasan jeruk nipis lebih cocok dikonsumsi saat masih hangat, antara lain bermanfaat memperlancar sirkulasi darah dan menghangatkan badan,” tandas Putri.

Jenis minuman berbahan tape ketan juga dapat membantu menjaga serta meningkatkan kekebalan atau imubitas tubuh. Pasalnya, kandungan asam laktat pada jenis tape ini diyakini bisa membantu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terkena gangguan kesehatan.

MERAPI-SULISTYANTO
Merici Putri.

Selain itu juga mengandung asam laktat yang ada di tape ketan juga mampu menurunkan tingkat kolesterol yang ada di dalam tubuh. Tak ketinggalan, tape ketan juga mengandung cukup serat. Kandungan serat pada suatu asupan bisa berperan memperlancar sistem pencernaan. Tak kalah penting, dapat ikut mencegah dan melawan gejala ambeien. Pasalnya, ragi yang ada di dalam tape dapat menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan. Wajar juga ketika ada yang cocok melawan ambeien dengan mengonsumsi tape ketan yang sudah benar- benar masak atau sudah sangat lembek, dua kali dalam sehari. Bahkan dengan izin Yang Maha Kuasa, asupan tape ketan dapat mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker di dalam tubuh.(Yan)


 

Read previous post:
Akar Pule Pandak Musuh Sakit Tenggorokan

TANAMAN pule pandak layak dikelompokkan sebagai tanaman berkhasiat obat. Terutama bagian akarnya memiliki manfaat atau khasiat kesehatan secara alami dan

Close