Jengger Ayam Musuh Infeksi Saluran Kencing

MERAPI-SULISTYANTO
Bunga jengger dapat digunakan sebagai obat alami.

JENGGER ayam  sering difungsikan sebagai tanaman hias. Dengan alasan antara lain saat musim berbunga akan memiliki keindahan tersendiri, apalagi ditanam secara bergerombol dan bisa kompak berbunga.

Selain sebagai tanaman hias, jengger ayam juga layak dijadikan sebagai tanaman berkhasiat obat. Pasalnya, tanaman dari keluarga bayam-bayaman ini dapat dijadikan ramuan alami, terutama  memanfaatkan bagian bunga dari tanaman ini. Penggunaannya dapat dikombinasi dengan bahan berkhasiat lain maupun tunggal.

Jika digunakan sebagai musuh infeksi saluran kencing, yaitu bisa memanfaatkan bunga jengger ayam 15 gram. Bahan ini masih perlu dikombinasi dengan herba daun sendok 15 gram, daun kumis kucing 30 gram dan daun sambiloto 20 gram. Semua bahan yang telah dikeringkan dicuci bersih. Selanjutnya direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin disaring dan diminum sehari tiga kali sehari, masing-masing cukup setengah gelas. Terapi herbal ini dilakukan rutin setiap hari sampai sembuh.

Lain halnya jika dimanfaatkan untuk membantu menyetop serangan diare, bahan yang digunakan yaitu bunga jengger ayam kering 15 gram dan daun jambu biji 30 gram. Setelah semua dicuci bersih lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa separohnya. Setelah dingin, air hasil rebusan disaring dan diminum dalam keadaan masih hangat. Sedangkan untuk penggunaan luar badan, caranya bagian bunga jengger ayam segar direbus. Setelah dingin, airnya digunakan untuk mencuci luka berdarah, wasir berdarah dan gatal-gatal. Bisa juga menggunakan bunga segar yang digiling halus lalu ditempelkan pada bagian yang sakit, seperti gigitan serangga dan sejumlah luka.

Adapun jenis bunga lain yang mempunyai khasiat kesehatan, misalnya bunga rosela. Baik itu jenis bunga rosela warna merah maupun ungu sama-sama diyakini mempunyai banyak kandungan vitamin C. Dengan adanya kandungan vitamin C antara lain bisa sebagai sumber antioksidan, sehingga bisa berperan meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas di tubuh. Cara memanfaatkan kelopak bunga rosela, baik jenis ungu maupun merah misalnya dibuat menjadi wujud teh kesehatan. Selain itu bisa diekstrak lalu dimasukan dalam cangkang kapsul. Dengan cara ini rosela bisa membantu mencegah serta melawan beberapa gangguan kesehatan. Baik tanaman jengger ayam maupun rosela juga mudah perawatannya dan sebaiknya ditanam di lokasi yang bisa mendapatkan banyak sinar matahari.(Yan)


 

Read previous post:
3 Kapanewon Masih Ajukan Dropping Air Bersih

WONOSARI (MERAPI) – Musim penghujan yang mulai terjadi sejak akhir oktober 2020 lalu belum mampu untuk mengatasi persoalan air bersih

Close