Bersihkan Saluran Pencernaan dengan Puding

MERAPI-SULISTYANTO
Puding mampu mendukung kesehatan badan, sehingga bisa rutin dikonsumsi.

ASUPAN jenis puding disenangi berbagai kalangan. Selain mempunyai cita rasa manis dan tekstur lembut, puding juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan resep yang bisa dipelajari dari berbagai sumber.

Adapun manfaat atau khasiat kesehatan dengan rutin mengkonsumsi  puding antara lain dapat berperan dalam usaha membersihkan saluran pencernaan terutama bagian usus, pasalnya puding juga bisa memperlancar metabolisme tubuh. Fakto yang cukup mempengaruhi, karena kandungan serat di dalam puding cukup tinggi. Bahkan dengan metabolisme tubuh yang lancar atau baik, diyakini mampu membantu mencegah serta melawan aneka keluhan kesehatan secara alami.

Selain itu juga dipercaya dapat membantu mencegah dehidrasi, sebab memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Semakin bagus juga ketika membuat puding dikreasi dengan tambahan bahan alami lain, misalnya irisan/ekstrak jenis buah mangga, buah naga, stroberi, melon, leci maupun kakao atau coklat. Semua bahan-bahan ini akan memberi manfaat tambahan bagi kesehatan. Apalagi ada bahan tambahan juga seperti jenis susu sapi ataupun kambing.

Tak kalah penting, ketika bisa rutin mengkonsumsi asupan jenis puding akan mampu mendukung kesehatan badan lainnya, seperti ikut berperan mencegah kardiovaskular ataupun bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi (darah tinggi). Bahkan bahan baku puding wujud rumput laut juga berguna bagi penderita stroke, antara lain bisa membantu menyerap kelebihan garam pada tubuh. Lalu adanya tambahan susu sapi maupun kambing, antara lain bisa menambah kandungan vitamin, kalsium serta protein. Kalsium banyak diyakini sebagai unsur penting bagi kekuatan tulang dan gigi. Kalsium juga mempengaruhi kontraksi otot, keseimbangan hormon dan transmisi impuls saraf.

Lalu kandungan vitamin dan mineral termasuk komponen esensial pada puding. Beberapa vitamin  yang terkandung dalam puding antara lain vitamin A, C, D, B6, B12, dan E. Selain itu dengan adanya kandungan protein yang mengandung enzim spesial  serta berguna untuk metabolisme dan pencernaan tubuh. Selain itu, protein juga berfungsi dalam kontraksi otot maupun reproduksi sel darah merah. Protein juga berguna dalam menjaga agar rambut, kuku dan kulit tampil sehat, apalagi rutin tercukupi sejak masih usia anak-anak. Nah, dengan mengingat ada aneka manfaat mengkonsumsi puding, maka rutin membuat serta mengkonsumsi puding akan memberi manfaat kesehatan tersendiri terlebih saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. (Yan)

Read previous post:
134 Santri Tertular Corona, Ponpes di Bantul Diminta Lockdown Lokal

Close