Daruju Bantu Gempur Hepatitis

MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman daruju memiliki khasiat kesehatan dan perlu diperbanyak.

TANAMAN berkhasiat obat jenis daruju sudah lama dimanfaatkan terlebih oleh para herbalis untuk diracik menjadi ramuan berkhasiat. Selain digunakan model tunggal dapat juga dikombinasi dengan bahan-bahan berkhasiat lainnya.

Menurut salah satu praktisi budidaya tanaman asal Yogya, Mulyono, jenis tanaman ini dapat diperbanyak antara lain dengan setek batang. Jika mempunyai tanamannya sendiri, antara lain ditanam di pekarangan rumah maupun kebun toga atau herbal, sewaktu-waktu membutuhkan tinggal mengambil atau tak perlu mencari di alam maupun membeli. Bagian tanamannya yang berkhasiat, antara lain bagian akar dan biji.

“Penanaman daruju bisa menggunakan pot, plastik polybag, planter bag maupun di tanah langsung. Dengan perawatan yang baik diharapkan pertumbuhan dan kesehatan tanamannya bisa terjaga. Bagian-bagian tanaman bisa berkualitas dan bagus jika dijadikan ramuan alami,” paparnya kepada Merapi, baru-baru ini.

Resep alami untuk membantu melawan hepatitis, antara lain bisa memanfaatkan akar tanaman daruju kering sekitar 60 gram. Bahan ini diiris tipis-tipis lalu dicuci bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu dimasukkan ke panci email berisi 500 cc air bersih. Selanjutnya direbus dengan api kecil sampai airnya tersisa 100 cc. Setelah dingin disaring dan airnya dibagi dua untuk dua kali minum, pagi serta sore. Setiap kali minum dapat ditambah madu murni secukupnya. Dengan izin Yang Maha Kuasa, gangguan kesehatan tersebut bisa segera diatasi, tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

Ada lagi yang memanfaatkan akar daruju untuk membantu menggempur kanker terutama kanker hati dan limpa. Cara membuat ramuannya, yaitu 120 gram akar daruju ditambah daging sapi tanpa lemak (60 gram) dengan menggunakan air 500 cc. Setelah kira-kira tersisa satu mangkok diangkat. Hasilnya diminum dalam keadaan hangat atau dingin, dua kali sehari masing-masing setengah mangkok. Cara ini rutin dilakukan setiap hari sampai sembuh. Lain halnya dijadikan sebagai musuh cacingan, yaitu dapat menggunakan lima butir biji daruju digiling yang digiling sampai halus. Bahan alami ini lalu diseduh dengan setengah cangkir air panas layaknya minumaan kopi. Minuman alami berkhasiat seperti ini bisa rutin diminum antara dua sampai tiga kali dalam sehari, sampai serangan cacingan bisa sembuh. Sedangkan untuk mengatasi luka, misalnya terkena pisau beracun cukup dengan mengunyah bagian akar kering sampai halus. Lalu dibubuhkan pada luka dan dibalut perban. Dalam sehari, bisa diganti dua sampai tiga kali sehari.

“Selain daruju, daun kemlandingan bisa juga untuk melawan bengkak maupun luka. Selain menjadi lebih dingin, diharapkan bisa segera sembuh. Caranya daun mlanding cukup dikunyah maupun ditumbuk halus lalu segera ditempelkan pada luka ataupun bengkak,” urainya. (Yan)


 

Read previous post:
PROTOKOL KESEHATAN MUTLAK DITERAPKAN-Pengelola Wisata Diingatkan Batasi Pengunjung

Close