Cabe Jawa Bantu Singkirkan Demam

 

MERAPI-SULISTYANTO
Cabe Jawa sudah banyak dikenal dan memiliki khasiat kesehatan.

CARA meraih sehat ada beragam pilihan. Satu diantaranya dengan memanfaatkan ciptaan Yang Maha Kuasa seperti wujud tanaman dan satwa yang mampu mendukung kesehatan. Jika wujud tanaman, antara lain bisa diperoleh di alam bebas karena masih hidup liar, sudah dibudidayakan di kebun herbal/toga maupun membeli di pasaran, misalnya bagian suatu tanaman yang sudah dikeringkan. Daun tanaman kejibeling termasuk contohnya yang juga bisa dibeli di pasar terutama di pedagang bahan jamu.

“Kalau di tempat saya pernah membeli bibit lalu berkembang bisa rimbun. Dulu daun-daunnya pernah saya pakai untuk melawan batu ginjal. Alhamdulillah bisa cocok dan bisa sembuh,” jelas Yunan Fanani, belum lama ini.

Sementara itu menurut Ny Nafis yang tinggal di Magelang, beberapa tanaman penghasil rempah, bumbu dan sayur juga layak dilestarikan. Apalagi tak sedikit dari tanaman tersebut diyakini mempunyai khasiat kesehatan secara alami. Penanamannya antara lain bisa di kebun herbal, pekarangan rumah ataupun di kebun yang dikelola kelompok wanita tani (KWT).

MERAPI-SULISTYANTO
Ny Nafis.

“Cabe Jawa termasuk jenis tanaman layak dilestarikan. Rempah ini selain untuk mendukung bidang kuliner dan jamu tradisional, bisa juga sebagai obat alami,” tandasnya.

Adapun manfaat kesehatan dari cabe Jawa antara lain dapat membantu menyingkirkan demam, tekanan darah rendah,  migren, nyeri pinggang, sakit kuning dan influenza. Tak ketinggalan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk pemakaian luar untuk encok dan param sesudah melahirkan. Cara sederhana memanfatkan bahan alami ini, yaitu cabe Jawa secukupnya dikeringkan dahulu. Selanjutnya diambil sekitar tiga gram dan digiling halus. Hasilnya diseduh dengan setengah gelas air panas, lalu hasilnya diminum bersama ampasnya ketika masih hangat. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membantu mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan secara alami dan bisa lebih maksimal memanfaatkan ciptaan Yang Maha Kuasa.(Yan)


 
  

Read previous post:
Dapat Salam dari Yu Salim

TIDAK sedikit orang yang mudah mencari pasangan. Namun banyak juga yang sulit mendapatkan jodoh. Kang Pargi termasuk golongan yang kedua.

Close