Lawan Sakit Gigi dengan Kecubung

MERAPI-SULISTYANTO
Bagian bunga tanaman kecubung mempunyai khasiat kesehatan.

TANAMAN kecubung mempunyai berbagai karakter menarik, apalagi ketika kompak berbunga. Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, layak juga sebagai tanaman obat sebab diyakini dapat membantu mencegah maupun melawan beberapa gangguan kesehatan secara alami. Satu di antaranya, yaitu dapat digunakan untuk melawan sakit gigi dan badan terasa nyeri.

Resep yang bisa diterapkan, misalnya dengan memanfaatkan bagian bunga kecubung yang sudh dikeringkan. Bahan ini digiling sampai halus dan hasilnya ditaburkan secukupnya pada gigi berlubang. Bisa juga diberi sedikit air hangat dan diborehkan pada bagian badan yang nyeri.  Selain itu  juga diyakini bisa berperan  melawan rematik . Satu di antaranya menggunakan bunga kecubung sebanyak tiga kuntum. Bahan ini setelah dicuci bersih, lalu direbus dengan air bersih selama 15 menit atau sampai mendidih. Air hasil rebusannya dalam keadaan hangat digunakan untuk obat kompres.  Sehari dapat dilakukan dua atau tiga kali, satu di antaranya sebelum tidur.

Selain itu dapat memanfaatkan daun atau bunga kecubung yang kering untuk melawan sesak nafas. Caranya, yakni cukup membakar ujung bunga lalu dihisap layaknya merokok. Kandungan alkaloid  dalam daun maupun bunga kecubung diyakini ikut membantu melebarkan kembali saluran pernapasan yang menyempit akibat serangan asma. Adapun kandungan hipociamin dan skopolamin besifat antikholinergik.

Sedangkan ciri tanaman kecubung antara lain, bagian bunganya berbentuk terompet mayoritas berwarna putih dan ungu. Buahnya bulat-bulat warna hijau dan jika sudah tua menjadi coklat. Jenis tanaman ini biasa diperbanyak dengan menyemai biji-bijinya yang sudah tua. Lokasi penanaman idealnya di tempat yang bisa mendapat cukup sinar matahari.  Sebagian penjual tanaman pun biasa menjual bibit tanaman kecubung.

Ramuan alami lain untuk melawan sesak nafas, yaitu dengan memanfaatkan bunga kenanga setengah genggam. Cara membuat ramuannya, bunga ini setelah dicuci lalu direbus dalam satu gelas air sampai air tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum rutin pagi dan sore hari. Ada lagi  ramuan alami lain, yaitu cukup merebus lima butir kapulaga dengan tiga gelas air sampai mendidih. Selanjutnya disaring dan airnya diminum secara rutin sampai sesak napasnya hilang .

Adapun ciri tanaman kecubung antara lain, bagian bunganya berbentuk terompet mayoritas berwarna putih dan ungu. Buahnya bulat-bulat warna hijau dan jika sudah tua menjadi coklat. Jenis tanaman ini biasa diperbanyak dengan menyemai biji-bijinya yang sudah tua. Lokasi penanaman idealnya di tempat yang bisa mendapat cukup sinar matahari.  Sebagian penjual tanaman, biasa juga menyediakan bibit tanaman kecubung.  Selain jenis warna bunga yang putih, ada pula yang ungu. (Yan)

Read previous post:
Pengunjung Grojogan Sewu Dirapid Tes Acak

KARANGANYAR (MERAPI) - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melakukan rapid tes dan swab PCR ke pengunjung obyek wisata di sejumlah

Close