Umbi Garut Atasi Nyeri Lambung

MERAPI-SULISTYANTO
Bagian umbi garut bagus untuk kesehatan dan sering dijualbelikan.

TANAMAN garut masih berusaha dilestarikan berbagai pihak. Terutama bagian umbinya dapat diolah menjadi cerimping garut, selain itu juga memiliki beberapa khasiat kesehatan. Sebagian warga yang tinggal di kawasan pedesaan ataupun lereng perbukitan masih ada yang semangat membudidayakan tanaman garut.

Cara pemanfaatan bagian umbi tanaman ini, antara lain cukup direbus, dibuat tepung, diolah menjadi emping maupun dibuat jenang garut. Selain mempunyai nilai gizi dengan cita rasa khasnya, olahan berbahan umbi garut diyakini pula memiliki khasiat atau manfaat bagi kesehatan. Jika sudah diproses menjadi wujud tepung garut, cara penggunaannya juga makin beragam, bahkan bisa untuk bahan membuat aneka jenis kue.

Sedangkan manfaat atau khasiat kesehatan asupan berbahan garut, antara lain dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan seperti nyeri lambung, tipes, asam lambung, dan maag kronis. Dengan izin Yang Maha Kuasa, ketika bisa rutin dan disiplin mengkonsumsi asupan berbahan garut, diharapkan gangguan kesehatan tersebut bisa lekas teratasi.

Khususnya serangan maag ada pula yang menyebut nyeri lambung maupun gastritis, yakni adanya peradangan yang terjadi pada selaput lendir lambung. Sifatnya dapat akut dan kronis dengan gejala yang timbul, antara lain nyeri ulu hati, rasa perih di lambung atas, mual serta muntah-muntah. Selain dilawan dengan garut atau sejumlah olahan garut. Bahkan bisa juga berikhtiar menggunakan ramuan alami dari beberapa tanaman lain,  antara lain bagian daun tanaman alpukat, akar daruju, temu putih dan akar bunga matahari. 

Perlu diketahui pula, tanaman garut tak sulit untuk dibudidayaka. Beberapa ciri tanaman garut, misalnya senang tumbuh di tanah yang subur, bergerombol atau berumpun. Umbinya beruas dan seperti bersisik. Warna bagian umbinya, yaitu putih. Pemanenannya dapat dilakukan jika umbi garut sudah tua. Rata-rata pada umur enam sampai delapan bulan, sebab faktor tanah bisa ikut mempengaruhi. Selain itu ada ciri lain, umbi siap panen terutama ditandai dengan menguningnya batang maupun daun tanaman garut.

Selain garut,  umbi ganyong juga bisa dibuat menjadi  tepung umbi ganyong, antara lain mampu membantu mampu membantu meredam  lambung luka alias luka lambung. Cara memanfaatkannya,  cukup menggunakan  25 gram tepung umbi ganyong dicampur satu gelas air, dua jari gula merah dan garam secukupnya. Semua bahan dicampur dan dimasak 15 menit sampai menjadi bubur. Setelah dalam keadaan hangat atau dingin, bubur ini segera dimakan sekaligus. Cara ini jika dilakukan secara rutin, disiplin dan mendapat izin dari Yang Maha Kuasa, maka keluhan kesehatan tersebut akan segera sembuh.(Yan)

Read previous post:
HANTU WANITA BENCI BAU KEMENYAN (1) – Lima Tahun Belum Memiliki Anak

RUMAH di dekat pertigaan di RT 04/RW 02 Kelurahan X itu berkamar tiga, ruang tamu, ruang tengah, dapur, satu kamar

Close