Kacang Mete Turunkan Kolesterol Jahat

MERAPI-SULISTYANTO
Biji dari jambu monyet (mete) bisa diolah menjadi kacang mete dan menyehatkan.

ANEKA bahan alami bisa dijadikan asupan bergizi dan memiliki khasiat obat. Jenis asupannya antara lain wujud sayur, lauk maupun cemilan atau snack. Ketika bisa rutin dikonsumsi, asal tak berlebihan diyakini ada khasiat kesehatannya.

Menurut Ny Bayem yang tinggal di Pajagan Bantul, kacang mete terbuat dari bagian biji jambu monyet. Khasiat kesehatan kacang mete, misalnya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Selain itu bisa berperan untuk  meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Hal ini nantinya dapat membantu untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner maupun gangguan stroke.
“Meski harga kacang mete termasuk agak mahal, namun tetap saja banyak yang membeli. Selain enak juga ada banyak manfaat kesehatannya,” tandas Ny Bayem.

MERAPI-SULISTYANTO
Ny Bayem.

Tak kalah penting, olahan kacang mete juga kaya anti-oksidan yang bisa mendukung imnunitas tubuh. Tak ketinggalan, bisa untuk menyingkirkan toksin atau radikal-radikal bebas di tubuh. Jika sebagai musuh sakit gigi maupun radang gusi, bisa menggunakan lima biji kacang mete digongseng kering sampai kuning. Lalu digiling menjadi serbuk. Satu sendok teh serbuk tersebut ditambah seperempat sendok teh madu. Setelah diaduk rata, dibubuhkan pada gigi berlubang atau sekitar gusi yang meradang.

Kacang mete yang juga berasal dari jambu mete mengandung juga asam lemak tak jenuh Omega-9 yang justru berperan penting menekan LDL (kolesterol jahat). Sehingga, bisa mendukung menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovarkuler lainnya. Bahkan bisa mencegah serangan flu dan pilek. Pasalnya, mengkonsumsi setengah cangkir kacang mete per hari akan memberikan 33 persen angka kecukupan gizi (AKG) zinc dan mineral yang terbukti berkhasiat memfortifikasi sistem imun yang bekerja terlalu keras. Khasiat zinc sendiri antara lain bisa melawan virus pilek, sehingga bisa mempercepat sembuhnya pilek. (Yan)


 

Read previous post:
NGENTA-ENTA MBALELA (6) – Pasukan Berperisai di Barisan Depan Menghadapi Musuh

“Baiklah, Ki Gede. Akan aku persiapkan orang-orangku”, kata Ki Demang lalu bergegas meninggalkan pemimpinnya itu. Ki Gede Pacukilan, Jaka Caluring,

Close