Labu Siam Normalkan Tekanan Darah

MERAPI-SULISTYANTO
Olahan labu siam memiliki manfaat kesehatan.

 
TAK sedikit jenis bahan alami berkhasiat yang bisa rutin dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu. Biasanya juga dikombinasi dengan bahan-bahan alami lain dan diharapkan khasiat atau manfaat kesehatannya kian banyak.

Menurut Ny Wartini yang memiliki warung makan di kompleks Pasar Imogiri Bantul, beberapa bahan alami yang dikenal juga memiliki khasiat kesehatan rutin dibuat masakan. Antara lain bahan dari labu siam (jipang), daun pepaya, pare dan kulit melinjo. Khusunya yang berbahan labu siam diyakini dapat membantu menormalkan tekanan darah. Artinya juga bisa dapat mencegah dan melawan darah tinggi (hipertensi).

“Kandungan gizi pada labu siam akan membantu mendukung kesehatan badan secara umum. Lalu bagi yang sering ada gangguan hipertensi, bagus juga jika bisa rutin mengkonsumsi asupan berbahan labu siam,” jelasnya.

MERAPI-SULISTYANTO
Ny Wartini.

Tak kalah penting,aneka jenis sayur termasuk labu siam juga mempunyai fungsi membantu menjaga kekebalan atau imunitas tubuh. Alasannya antara lain dapat membantu menyingkirkan radikal bebas di tubuh maupun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan khasiat tersebut diharapkan juga bisa membantu menghindarkan dari risiko terkena kanker. Selain itu olahan jipang juga diyakini bagus untuk sistem pencernaan, misalnya sebagai musuh sembelit dan membantu melawan perut kembung.

Ditambahkan, olahan daun pepaya juga diyakini ada banyak manfaat kesehatannya seperti mendukung kesehatan sistem pencernaan, membantu menambah nafsu makan, terapi gangguan kesehatan pada pankreas, paru-paru, liver dan membantu melawan kanker. Sebelum diolah terlebih dahulu memilih daun pepaya segar yang mempunyai kualitas bagus. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan daun pepaya jenis grandel. (Yan)

Read previous post:
Petik Kelapa di Malam Buta

MERDI, pemuda usia 23 tahun itu memang termasuk orang pemberani. Dia hanya tertawa ngakak ketika Jadut , teman akrabnya, bercerita,

Close