Bawang Merah Bantu Lawan Batuk

MERAPI-SULISTYANTO
Bawang merah termasuk jenis bumbu masakan yang mempunyai khasiat kesehatan.

PEMANFAATAN bawang merah maupun bawang putih sebagai bumbu masakan sudah tak asing lagi. Selain sangat dibutuhkan dalam bidang masak-memasak atau kuliner, banyak diyakini pula bermanfaat di bidang kesehatan.
Ada pula yang memanfaatkan limbah bahan tersebut menjadi bahan untuk pupuk organik serta pakan ternak. Seperti diyakini Alda Adiatma yang tinggal di Jetis Bantul, baik bawang merah maupun putih sama-sama dapat mendukung kesehatan manusia. Lalu limbah kulit bawang putih ketika dijadikan pakan ternak juga akan mendukung kesehatan ternak tersebut.

“Pemanfaatan bawang merah untuk kesehatan secara alami bagi manusia, misalnya dijadikan musuh batuk dan perut kembung. Semoga tanpa perlu membeli obat, gangguan kesehatan tersebut dapat teratasi,” jelasnya.

Cara pemanfaatan untuk membantu melawan serangan batuk, bahan yang dibutuhkan,  yaitu umbi bawang merah empat gram, dipadu daun poko segar empat gram, daun sembung segar tiga gram, herba pegagan segar empat gram, buah adas dua gram dan air 125 ml.  Cara membuat ramuannya, semua bahan dipipis dan dibuat menjadi pil. Dalam sehari dapat minum dua atau tiga pil, diharapkan keluhan kesehatan tersebut dapat segera teratasi.

Lain halnya jika untuk melawan perut kembung pada anak-anak, yaitu memanfaatkan umbi bawang merah secukupnya  dipotong  tipis- tipis. Selanjutnya ditambah minyak kelapa  dan minyak kayu putih secukupnya dan diremas-remas.  Cara pemakaiannya, minyak ini rutin dioleskan pada perut yang kembung sampai keluhan kesehatan tersebut bisa sembuh.
“Bawang putih jika digunakan untuk memurnikan atau membersihkan darah, yaitu bisa memanfaatkan dua siung bawang putih mentah dengan air hangat setiap hari. Caranya bisa cukup mengkonsumsi bahan tersebut pada di pagi hari, lalu berusaha meminum banyak air putih di sepanjang hari,” urai Alda.

Selain itu diyakini pula dalam bawang putih ada kandungan antioksidan yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kekebalan tubuh. Salah satu resepnya, yakni dengan membuat seduhan layaknya daun teh, namun dari bawang putih. Bawang putih bisa dirajang dahulu hingga halus, lalu diseduh dengan air panas. Bahan ini didiamkan selama beberapa menit, ditiriskan dan diminum.
“Adajuga yang merasa cocok untuk dijadikan sebagai obat alami saat sakit gigi. Resepnya, yakni cukup menghaluskan bawang putih, lalu diletakkan pada gigi yang terasa sakit beberapa saat. Cara ini diharapkan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit pada gigi,” tambahnya. (Yan)


 

Read previous post:
NGENTA-ENTA MBALELA (4) – Korban Berjatuhan, Calon Demang Menyerah

Berkali-kali Ki Mas Mandura berusaha menyerang dengan tombaknya dengan sasaran perut lawannya. Tetapi Ki Lurah Sumarata begitu rapatnya melindungi dirinya

Close