Percepat Sembuhnya Influenza dengan Ciplukan


 

MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman ciplukan memeliki manfaat atau khasiat kesehatan.

BAHAN alami yang memiliki khasiat obat bisa bersumber dari bagian suatu tanaman, misalnya daun, buah, kulit batang dan akar. Ketika bahan alami tersebut rutin dikonsumsi diharapkan bisa membantu mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan.

Jazari warga Sumbersari Sleman mengungkapkan,  bagian daun, buah serta akar tanaman ciplukan memiliki manfaat atau khasiat kesehatan. Antara lain jika bisa rutin mengkonsumsi buah ciplukan dapat mendukung imunitas atau kekebalan tubuh serta mempercepat sembuhnya sakit tenggorokan. Tak ketinggalan dapat membantu mempercepat sembuhnya influenza, tanpa perlu membeli obat berbahan kimia.

“Resep sederhana untuk melawan influenza dan sakit tenggorokan, yakni cukup rutin mengkonsumsi buah ciplukan, selain dengan rutin mengkonsumsi buah ciplukan, bisa juga dengan membuat ramuan berbahan seluruh tanaman ciplukan dari akar, batang, daun dan sebagian buah,” terangnya.

MERAPI-SULISTYANTO
Jazari.

Adapun contoh ramuan atau resep alami yang bisa diterapkan, antara lain menggunakan semua bagian tanaman dan sudah dicuci bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu dipotong-potong kisaran tiga centimeter dan segera dijemur. Bahan ini setelah kering bisa dibungkus agar tidak lembab lagi. Sewaktu-waktu ingin menggunakannya tanpa perlu repot-repot mencari di alam bebas, tapi tinggal menyeduh menggunakan air panas layaknya bikin minuman teh.

Setiap delapan sampai 15 gram bahan berkhasiat ini bisa direbus menggunakan air secukupnya. Lalu bagian airnya disaring dan hasilnya diminum. Sedangkan sebagai musuh kencing manis, caranya mirip membuat ramuan influenza/sakit tenggorokan. Hanya saja direbus menggunakan dua gelas air, sampai tersisa airnya satu gelas. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya bisa direbus sekali lagi, agar bisa diminum sore harinya. (Yan)


 

Read previous post:
NGENTA-ENTA MBALELA (3) – Pangeran Pringgalaya Selamat dari Maut

Ki Mas Dana dan kawan-kawannya bersiap untuk menyerang musuh yang baru saja terkena jebakan. Sementara Pangeran Prenggalaya hanya berharap mudah-mudahan

Close