Berbahan Daun Kepel Gempur Rematik

MERAPI-SULISTYANTO
Sriyono saat berada di kompleks Klinik Hatra.

USAHA melawan gangguan kesehatan dapat memanfaatkan perpaduan bahan herbal. Ibaratnya suatu pasukan perang, antara lain ada komandan serta prajurit-prajurit. Perpaduan bahan herbal, misalnya sudah berwujud kapsul, instan/serbuk serta jamu rebus (godhog).
Hal tersebut diungkap herbalis asal Nitipuran Ngestiharjo Kasihan Bantul, Sriyono saat ditemui di tempat tinggalnya, baru-baru ini. Ia pun mencontohkan perpaduan bahan herbal seperti daun kepel, daun sirsak, kemarung dan ki urat bisa membantu menggempur rematik. Dengan izin Yang Maha Kuasa, setelah beberapa kali mengkonsumsi kapsul dengan bahan-bahan herbal tersebut, rematik akan segera teratasi.

“Lain lagi untuk membantu terapi diabetes, perpaduan bahan herbalnya antara lain ada legundi, tapakdara, widoro laut, remujung serta dandang gendis,” ungkap bapak dari dua anak dan enam cucu ini.

Sedangkan untuk mencegah dan melawan kolesterol jahat di tubuh, bahan herbal yang biasa ia gunakan antara lain perpaduan daun ceremai, daun jati belanda, bengle, kunir putih dan daun jati china. Meski secara tunggal, bahan-bahan ini sudah ada khasiat tersendiri, namun ketika saling dipadukan akan lebih berkhasiat lagi. Sebagai contoh, penggunaan secara tunggal, daun ceremai bisa untuk membantu  mengatasi sembelit. Caranya, cukup dengan merebus daun ceremai secukupnya, lalu disaring dan diminum dalam keadaan masih hangat. Bahkan keluhan kesehatan tersebut bisa dilawan dengan rutin membuat lalaban dari daun ceremai yang tak terlalu tua.

“Ketika ada warga yang ingin melihat langsung jenis tanaman-tanaman yang digunakan sebagai bahan pembuatan produk herbal termasuk bahan jamu instan dan gondok, sebagian di antaranya ada di pekarangan di sekitar sini,” jelas Sriyono.

Ditambahkan pula, ketika ada yang ingin bertanya seputar aneka jenis tanaman obat serta produk herbal dapat menghubungi ponselnya di 081227517011. Atau bisa datang langsung ke Klinik Penyehat Tradisional (Hatra) di kompleks tempat tinggalnya. Adapun contoh perpaduan bahan herbal lain seperti untuk menggempur asma, misalnya menggunakan perpaduan bahan widoro upas, daun cakar ayam, srigunggu, cengkih dan kemukus.

Ada lagi perpaduan bahan alami mendukung sehat lelaki, misalnya ada bahan lada hitam, ki urat, purwoceng, gingseng dan cabe Jawa. Lalu untuk menghindarkan berat badan berlebih atau menjaga berat badan tetap ideal (langsing) misalnya mengkombinasikan daun jati belanda, kemuning, meniran, kumis kucing dan bengle. “Selain dalam wujud kapsul, kami sediakan pula dalam wujud jamu rebus,” tandasnya.(Yan)

Read previous post:
Nasabah Bank Pasar Wates Dapat Undian Mobil

Close