Matoa Hindarkan Risiko Jantung Koroner

MERAPI-SULISTYANTO
Buah matoa mempunyai khasiat kesehatan.

ANEKA jenis asupan bergizi dan memiliki cita rasa enak cukup mudah ditemukan. Ketika rutin dikonsumsi diharapkan mampu membantu meraih kesehatan secara alami. Sebagian jenis asupan, bahkan tak perlu diolah dahulu, misalnya aneka jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi setelah masak benar maupun masih mengkal (setengah matang).

Satu di antaranya, yakni jenis matoa yang memiliki daging buah mirip dengan daging buah rambutan. Adapun kandungan gizi dalam daging matoa, kaya vitamin C dan E. Bahkan dengan ciri tanaman yang bisa tumbuh ribun, cocok pula sebagai tanaman penghijauan serta bisa mendukung stok oksigen di alam.

“Karena termasuk tanaman yang memiliki banyak manfaat, maka pohon matoa yang tumbuh subur di dekat rumah, berusaha saya lestarikan keberadaannya,” terang Ahmad S yang tinggal di Seyegan Sleman.

Dengan adanya kandungan vitamin c dalam daging buah matoa antara lain akan berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan vitamin E pada buah matoa antara lain untuk membantu meringankan stress, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan wanita dan juga meminimalkan resiko terserang penyakit kanker serta penyakit jantung koroner.

MERAPI-SULISTYANTO
Ahmad S.

Selain itu adanya kandungan vitamin E dalam buah matoa juga memiliki peran penting dalam membantu mencegah dan melawan berbagai permasalahan kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Pasalnya, rutin mengkonsumsi buah matoa bisa ikut menjaga serta meningkatkan kelembaban serta elastisitas kulit. Bersama-sama dengan beberapa senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah matoa, vitamin E juga mampu membantu meningkatkan regenerasi sel-sel kulit. Tak ketinggalan pula dapat berperan membantu menghitamkan rambut.
“Selain matoa, daging buah rambutan juga memiliki rasa enak, manis dan memiliki nilai gizi,” tambah Ahmad.

Alhasil, dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan antara lain akan dapat berfungsi untuk melawan penyakit dalam tubuh  termasuk serangan sariawan. Pasalnya, kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu mempercepat sembuhnya  sariawan  serta mendukung daya tahan tubuh dari aneka gangguan kesehatan badan. Manfaatnya untuk luar badan, misalnya membantu menghitamkan rambut. Caranya, yakni  cukup mengambil beberapa helai daun rambutan lalu ditumbuk sampai halus. Masih diberi tambahan air secukupnya, lalu dihaluskan dan setelah itu diperas. Selanjutnya disaring dengan menggunakan kain kasa, dan hasilnya bisa rutin untuk keramas.
“Saat musim berbuahnya matoa maupun rambutan, kedua jenis buah ini mudah ditemukan di pasaran. Harganya sama-sama terjangkau dan keduanya memiliki khasiat kesehatan,” tandas Ahmad. (Yan)


 

Read previous post:
Apian Ingin Jadi TNI untuk Bahagiakan Almarhum Ayahnya

APIAN Firdaus (11) tak kuasa menahan air mata tatkala ia mengingat almarhum ayahnya yang wafat setahun lalu. Apian, panggilan akrabnya,

Close