Tomat Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO
Tomat memiliki kandungan gizi dan khasiat kesehatan.

SEBAGIAN jenis bahan alami, jika bisa rutin dikonsumsi asal tak berlebihan mampu membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Satu di antaranya, yakni beberapa varietas tomat. Selain bisa dikonsumsi langsung, tomat sering juga dibuat minuman jus, campuran lotek, gado-gado, dibuat sambal serta jenis asupan lain.

Terutama kandungan vitamin C dan A dalam tomat antara lain diharapkan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Terutama jenis tomat warna merah diyakini memiliki kandungan vitamin A dan C lebih banyak dibanding jenis yang hijau. Wajar juga jika tomat merah sangat baik dikonsumsi anak-anak sejak dini, antara lain bisa berdampak bagus untuk membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan imunitas tubuh.

Penggunaan untuk luar tubuh, misal dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk membantu mengatasi serta mencegah serangan jerawat. Resep sederhana yang bisa diterapkan, yakni cukup dengan merebus tomat secukupnya. Bahan ini lalu dipotong-potong dan hasilnya digosokkan pada bagian yang berjerawat. Setelah digosokan pada kulit berjerawat, didiamkan dahulu antara 10-15 menit, lalu dibilas dengan air bersih. Jika bisa dilakukan rutin dan disiplin, diharapkan gangguan jerawat bisa segera bisa teratasi. Tak kalah penting,  kandungan ‘lycopene’ dalam tomat diyakini sebagai salah satu jenis anti oksidan alami bagi tubuh. Artinya juga dapat berperan dalam mendukung kekebalan tubuh dari aneka keluhan kesehatan. Bahkan bisa berkhasiat juga membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker prankeas.

Selain tomat, asupan bahan alami jenis jagung juga banyak mengandung vitamin C, sehingga bisa berfungsi pula sebagai sumber antioksidan yang dapat mendukung imunitas tubuh. Selain itu juga mempunyai manfaat kesehatan lainnya antara lain bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit jika bisa dikonsumsi teratur. Bahkan, kedua zat tersebut ditambah dengan asam folat diyakini membantu penyembuhan luka pada kulit akibat penyakit cacar.

Sebagai musuh serangan jerawat, dapat  memilih jagung masih muda. Caranya, setelah dicuci bersih lalu diparut dan hasilnya dioleskan rutin pada luka seperti jerawat maupun cacar. Lain halnya jika digunakan sebagai musuh hipertensi atau tekanan darah tinggi, antara lain dengan menggunakan jagung muda lima tongkol. Bisa juga dengan ditambah rambut jagungnya satu genggam.
Cara membuat ramuannya, kedua bahan tersebut direbus dengan 110 ml air sampai mendidih. Selanjutnya air hasil rebusan diminum sehari sekali, selama tujuh hari. Semoga bisa cocok dan gangguan kesehatan darah tinggi dapat segera teratasi.(Yan)


 

Read previous post:
Dibawa Kabur Bapak-bapak

BELUM lagi masalah Bagas mereda, tiba-tiba Purbo kembali mendapat masalah baru yang bikin ribut seisi rumah. Anak perempuannya, Dewi, minggat

Close