Daun Iler Basmi Cacing Gelang di Perut

MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman iler memiliki beberapa manfaat kesehatan.

 
SEBAGIAN jenis tanaman dapat difungsikan sebagai tanaman hias yang memiliki khasiat obat alami. Satu di antaranya, yakni tanaman iler. Terutama bagian daun-daunnya mempunyai tampilan bentuk dan warna yang unik diyakini ada beberapa manfaat kesehatannya.

Jika digunakan sebagai bahan alami untuk membantu membasmi cacing gelang, yaitu cukup menggunakan lima lembar daun iler kualitas bagus. Daun ini dicuci bersih dahulu, lalu digiling sampai halus. Setelah itu ditambah air setengah cangkir dan satu sendok makan madu. Semua disaring dan airnya diminum dua kali sehari. Lain halnya jika untuk melawan sembelit, yakni cukup menggunakan lima helai daun iler. Setelah dicuci lalu direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal separoh, segera disaring dan diminum sekaligus.

Tak ketinggalan, daun tanaman iler diyakini pula dapat membantu melawan wasir atau ambien. Cara membuat ramuannya, yakni menggunakan 15 helai daun iler. Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan dua gelas air. Jika airnya tinggal separoh segera diangkat dan disaring. Selanjutnya diminum satu kali sehari saat masih hangat. Selain itu dapat ditambah daun wungu. Resepnya, 15 helai daun iler ditambah lima helai daun wungu atau handeuleum dan setengah cangkir daun pegagan. Semua bahan dicuci bersih lalu dihaluskan. Selain itu masih perlu diberi setegah gelas air lalu diaduk. Selanjutnya disaring dengan kain dan diminum satu kali sehari.

Sedangkan ciri tanaman iler, antara lain bentuk daunnya beragam, tapi umumnya bulat meruncing dan bagian tepinya bergerigi. Warna bunganya putih keunguan. Jika dirasakan, tumbuhan ini agak pahit tapi baunya harum. Khususnya jenis iler yang mempunyai daun berwarna merah kehitaman atau ungu dipercaya lebih kampiun khasiatnya.

Selain iler, tanaman puring juga difungsikan sebagai tanaman hias dan obat alami. Bagian tanaman yang digunakan, yakni daun-daunnya antara lain untuk membantu melawan sakit perut terutama pada anak-anak. Resep alaminya, yakni cukup menggunakan lima lembar daun puring yang sudah dicuci bersih. Selanjutnya ditumbuk halus dan ditambah sedikit air, sehingga sampai menjadi seperti bubur. Ramuan ini rutin dioleskan pada bagian perut anak.

Jika merasa sukar berkeringat atau terkena eksim, maka bisa diterapi secara alami dengan minum air rebusan daun puring secukupnya. Sehari dapat dua kali, pagi dan sore. Lain halnya ketika terserang cacingan dan nafsu makan berkurang, bisa dibantu dengan meminum rebusan ranting muda tanaman puring secukupnya. Sedangkan sebagai musuh sembelit, kejang lambung, kehilangan selera makan dan penyakit saluran kencing pada anak-anak, maka bisa meminum rebusan akar dan kulit batang puring secukupnya, pagi serta sore hari.(Yan)


 

Read previous post:
Malam Terakhir Pencari Kodok

WAHONO (35 tahun) bekerja serabutan. Kadang jadi tukang bangunan, buruh tani, tukang sayur, dan lainnya yang penting menghasilkan uang. Sampai

Close