Kantil Musuh Bebuyutan Serangan Vertigo

MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman kantil mempunyai manfaat kesehatan, layak dilestarikan.

TANAMAN kantil mempunyai sejumlah nama lain, misalnya cempaka putih, cempaka bodas, sampaka mopusi dan gading putih. Tanaman bermanfaat bagi kesehatan ini layak dilestarikan keberadaannya. Saat musim berbunga, mampu menebarkan aroma harum.

Jika digunakan sebagai musuh bebuyutan vertigo, yaitu cukup menggunakan lima sampai tujuh bunga kantil yang sudah dikeringkan. Bahan alami ini setelah dicuci bersih lalu direbus menggunakan sekitar 500 ml air bersih. Setelah itu direbus sampai airnya tinggal sekitar 200 ml lalu dikonsumsi hasil rebusan bunga kantil tersebut dalam keadaan masih hangat.

Lain halnya jika digunakan untuk membantu mengatasi sinusitis (gangguan kesehatan pada rongga saluran udara seperti hidung), yakni dapat membuat ramuan alami berbahan bunga kantil. Bunga kantil sudah kering kisaran 30 gram dikombinasi bahan lain seperti daun mint sebanyak 30 gram, rimpang jahe 15 gram dan bawang putih sebanyak dua siung. Semua bahan ini direbus menggunakan air bersih sekitar 800 cc selama beberapa saat, sampai air rebusan tinggal separuhnya. Selanjutnya disaring dan air hasil penyaringan diminum dua kali sehari, masing-masing cukup 200 cc setiap kali minum.

Lain halnya untuk membantu menghalau bau badan, dapat dengan merebus bunga kantil dengan atau tanpa menambahkan campuran seperti daun sirih. Lalu menggunakan hasil rebusan tersebut sebagai air mandi. Atau bisa juga dengan cara merebus bunga kantil kering dengan sejumlah air, lalu air hasil rebusan tersebut dapat diminum guna mengatasi bau badan.

Selain itu dapat membantu melawan perut kembung. Resep yang bisa diterapkan, misalnya dengan lima kuntum bunga kantil yang dicampur rimpang jahe lima gram, tiga butir kapulaga, serta lima gram kulit jeruk mandarin yang telah kering. Selanjutnya direbus menggunakan  700 ml air bersih dan direbus beberapa saat hingga airnya tinggal  300 ml. Ramuan ini dikonsumsi ketika air masih dalam keadaan hangat. Adapun ramuan berkhasiat lainnya yang berbahan bunga kantil dan bisa sebagai musuh batuk rejan maupun batuk berdahak, yakni dapat mengkombinasikan bunga kantil, jahe, serta kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan. Langkahnya, yaitu dengan merebus semua bahan tersebut menggunakan beberapa air bersih hingga airnya hanya tinggal separuhnya saja. Sebelum diminum, ramuan alami tersebut dapat juga ditambahkan dengan madu murni, sehingga bisa menambah rasa manis. Minuman berkhasiat ini diminum dua kali dalam sehari masing-masing 150 cc, sehingga diharapkan bisa lekas sembuh.(Yan)


 

Read previous post:
Sosok Menyeramkan di Balik Kursi

KISAH ini merupakan pengalaman pribadiku dengan mahluk tak kasat mata. Kejadian ini terjadi sekitar 19 tahun silam. Pada waktu itu,

Close